Sekda Tanggapi Penghapusan Tunjangan Lauk Pauk, ASN Sudah Tahu Masak Masih Protes

0
bhasafm
Sekretaris Daerah Situbondo, Syaifullah (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah, menanggapi protes oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) karena tunjangan anggaran lauk pauk tahun ini ditiadakan. Menurutnya, para ASN sudah mengerti kalau tunjangan lauk pauk ditiadakan namun diganti kenaikan TPP.

“Para ASN itu sudah tahu kalau tunjangan lauk pauk ditiadakan diganti dengan kenaikan TPP. Mereka sudah tahu masak masih protes,” katanya, Minggu, 2 Mei 2021

Menurut Syaifullah, hampir semua Pemerintah Daerah di Jawa Timur  meniadakan tunjangan lauk pauk, namun menggantinya dengan kenaikan TPP bagi ASN. Untuk tahun ini kenaikan TPP di Situbondo sebesar 10 persen karena menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Kenaikan TPP 10 persen sudah mencapai 50 miliar.

BACA JUGA :  Jerigen Berisi Bensin Jatuh Mengenai Tungku, Warung Kelontongan Terbakar

Syaifullah menambahkan, Bupati Karna Suswandi sudah berkomitmen akan menaikkan TPP, namun menunggu keuangan APBD normal . Untuk tahun ini, para ASN sudah tahu kalau terjadi pengurangan DAU (Dana Alokasi Umum) serta terjadi refocusing anggaran operasional.

Menurutnya, ada pengurangan DAU sebesar 24 miliar serta refocusing anggaran operasi Organisasi Perangkat Daerah sekitar 135 miliar. Dengan kemampuan keuangan APBD yang terbatas, Bupati Karna Suswandi tetap mengikuti arahan Presiden, agar anggaran operasional bisa ditekan dengan tetap memprioritaskan anggaran belanja modal untuk pembangunan.

“Pak Bupati tetap berkomitmena menaikkan TPP asalkan PAD kita naik dan APBD sudah sehat,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain