Siapkan Buka Puasa Dapur Rumah Warga Asembagus Terbakar

0
bhasafm
Kebakaran-Petugas Damkar memadamkan api di lokasi dapur rumah yang terbakar di Desa Parante Kecamatan Asembagus (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kebakaran terjadi di Dusun Parante utara RT 004 RW 002, Desa Parante, Kecamatan Asembagus. Sebuah dapur rumah milik Abu Hasan terbakar saat sang istri sedang menyiapkan buka puasa, Selasa sore kemarin.

Api yang bersumber dari tungku saat memasak menghanguskan benda mudah terbakar, kemudian api dengan cepat merembet ke dapur rumah. Istri Abu Hasan yang panik berteriak meminta tolong, karena khawatir api yang terus membesar merembet ke rumah bagian depan.

Kebakaran menjelang buka puasa ini mengejutkan warga sekitar, mengingat lokasi rumah berada di kawasan padat penduduk. Warga bergotong royong memadamkan api agar kebakaran tak semakin meluas.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, berkat kesigapan warga api berhasil di lokalisir sehingga hanya bagian dapur rumah yang terbakar.

BACA JUGA :  Satgas Covid-19 Situbondo Tes Swab 12 Pelajar PKL Asal Sumatera

“Api berasal dari tungku sisa memasak tiba-tiba membesar dan membakar benda di sekitar tungku. Selanjutnya api merembet ke bangunan dapur,” katanya, Selasa, 27 April 2021

Puriyono mengatakan, api benar-benar berhasil dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Situbondo diterjunkan ke lokasi. Selain memadamkan titik sumber api, petugas damkar juga melakukan pembasahan agar sisa api tak merembet ke bangunan yang lain.

“Dapur rumah yang terbakar kondisinya rusak berat berukuran panjang dan lebar 6 dan 5  meter. ” ujarnya

Reporter: Zaini Zain