Sosok Wanita Pekerja Keras, Santi 14 Tahun Jadi Pekerja Migran di Malaysia

0
bhasafm
Wanita Tangguh-Santi, salah seorang pekerja migran yang sudah 14 tahun bekerja di Malaysia (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Santi, adalah satu dari 15 pekerja migran yang baru datang dari Malaysia dan sedang menjalani karantina di hotel rengganis Situbondo. Santi merupakan sosok wanita tangguh dan pekerja keras selama bekerja di Malaysia.

Selama 14 tahun menjadi tenaga migran di negeri Jiran, berbagai pekerjaan sudah dijalaninya, mulai jadi karyawan restoran hingga memilih membuka usaha sendiri di Selangor Malaysia. Wanita berusia 46 tahun asal Desa Tenggir, Kecamatan Panji, mengaku tidak akan kembali lagi ke Malaysia karena ingin membuka usaha sendiri di Situbondo.

“Gak tahu nanti akan buka usaha apa disini. Kalau di Malaysia saya buka usaha menjahit,” katanya dengan logat bahasa Melayu saat ditemui di hotel rengganis, Selasa 4 Mei 2021

BACA JUGA :  Jerigen Berisi Bensin Jatuh Mengenai Tungku, Warung Kelontongan Terbakar

Menurut Santi, ada beberapa alasan dirinya tak ingin kembali ke Malaysia, salah satunya karena penghasilannya disana sudah tidak bagus lagi. Saat awal-awal buka usaha menjahit, Santi mengaku bisa mendapatkan penghasilan sekitar 10 juta setiap bulannya.

“Sekarang sudah gak oke lagi. Saya pulang ke Situbondo karena sudah satu tahun di Malaysia tidak bekerja,” terang ibu dua orang anak itu.

Menurutnya, menjadi tenaga migran di negeri orang bukan pekerjaan mudah. Ia mengaku kerap mendengar kisah pekerja migran lainnya yang mengalami kisah tragis.

“Kalau saya tidak pernah bekerja jadi asisten rumah tangga. Alhamdulillah saya baik-baik saja selama bekerja di Malaysia,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain