Bertanding Dengan 286 Atlet se Jatim, Atlet Selam Situbondo Raih 7 Medali

0
27
bhasafm
Kejar Finish-Para atlet beradu cepat berebut untuk jadi yang peratama sampai digarus finish (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur, menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Cabang Olahraga selam nomor laut di objek wisata pantai pasir putih. Kejurda yang berlangsung selama dua hari sejak Sabtu hingga Minggu kemarin, diikuti 286 atlet dari 22 Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur.

Kejurda Cabor selam nomor laut melombakan beberapa kategori. Sejumlah atlet selam nomor laut Situbondo memborong tujuh medali dari  beberapa kategori yang diperlombakan.

Ketua POSSI Jawa Timur, Mirza Mutaqien, mengatakan, pihaknya memilih pelaksanaan Kejurda di pasir putih, karena pantainya yang tenang sangat cocok untuk lomba Fin swimming atau Orientasi Bawah Air (OBA).

“Kami sudah beberapa kali menggelar lomba disini. Dan dari pasir putih inilah lahirlah atlet-atlet selam nomor laut yang telah berprestasi di tingkat nasional,” ujarnya.

Menurut Mirza, Kejurda kali ini sekaligus jadi ajang pemanasan bagi para atlet menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2022 mendatang. Kabupaten Situbondo terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Cabor selam nomor laut.

BACA JUGA :  Sakit dan Ibu Hami Bisa Perpanjang SIM Dari Rumah

“Ini jadi ajang pemanasan jelang Porprov sekaligus untuk menjaring atlet selam berbakat pada PON 2025 mendatang,” terangnya.

Sementara itu, ada tujuh atlet Situbondo memperoleh medali emas, perak dan perunggu. Empat medali diperoleh dihari pertama Kejurda, sedangkan tiga mendali lainnya diperoleh pada hari kedua.

Atlet selam berbakat Situbondo peraih medali emas adalah Tiara Dwi Ramadhani. Ia meraih medali emas dari Cabor OBA junior putri kategori 5 points course. Tiara berhasil menemukan rambu satu dengan catatan waktu 2,57 menit 74 detik.

Ketua POSSI Situbondo, keberhasilan sejumlah atlet selam Situbondo, akan menjadi bekal menyambut Porprov Jatim tahun depan. Ia mengaku optimis, saat Porprov nanti atlet Situbondo akan bisa meraih dua medali emas.

“Tiara satu-satunya atlet selam Situbondo peraih medali emas. Sedangkan enam atlet lainnya meraig perunggu dan perak. Padahal, Tiara baru kali ini mengikuti kejurda,”  terangnya.

Reporter: Zaini Zain