Bibit Padi BK 01 dan 02 Agritan Dibagikan Gratis Kepada Kelompok Tani di Situbondo

0
45
Ilustrasi padi (Gambar oleh Safari consoler dari Pixabay)

Situbondo, bhasafm.co.id- Dalam rangka Hari Ketahanan Pangan Sedunia, Pemerintah Kabupaten Situbondo akan membagikan bibit padi BK 01 dan 02 Agritan secara gratis kepada kelompok tani di Situbondo.

 

Hal ini ditegaskan Bupati Situbondo, Karna Suswandi.  Tak hanya kepada petani di Situbondo namun juga kepada sebagian petani di Kabupaten Blitar – Jawa Timur, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Subang – Jawa Barat serta untuk petani di Lampung.

 

Bagi masyarakat petani yang akan menanam bibit padi BK, disarankan untuk mengikuti standar operasional prosedur atau SOP agar hasilnya maksimal. Padi BK ini tidak begitu membutuhkan banyak pupuk urea seperti biasanya.

BACA JUGA :  Diduga Ada Penyelewengan Terkait Bantuan Pangan, Polres Situbondo Lakukan Penyelidikan

 

Pemkab Situbondo juga sudah menyiapkan bibit padi BK berikutnya yang akan diperjualbelikan secara luas. Pemkab sudah menyediakan 20 hektar lahan untuk memenuhi permintaan bibit padi BK Agritan di Situbondo maupun di luar daerah di Jawa Timur, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, dan Bali seiring dengan terbitnya SK Layak Edar dari Menteri Pertanian.

 

Bupati Karna Suswandi optimis, penanaman padi BK akan memberikan keuntungan yang besar kepada masyarakat petani, mengingat dalam satu hektar potensi panen gabah kering giling mencapai lebih dari 9 ton dengan masa tanam yang hanya 80 hari, sehingga satu tahun petani bisa panen empat kali.