BKKBN Provinsi Jatim Puji Capaian KB MOP di Situbondo Masih Tertinggi di Indonesia

0
44
bhasafm
Kaper BKKBN Jatim bersama Ketua TP PKK Situbondo saat menijau pelaksanaan program KB di RSUD Besuki (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, memuji pencapaian KB pria atau Medis Operasi Pria (MOP) di Kabupaten Situbondo. Hingga kini MOP di Situbondo masih tertinggi di Indonesia.

Kepala Perwakilan BKKBN Pemprov Jatim, Waluyo Ajeng Lukitowati, mengatakan, dirinya datang ke Situbondo untuk meninjau langsung pelaksanaan KB di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besuki. Ada 58 orang mengikuti MOP serta 60 orang mengikuti KB implant.

“Ini dalam rangka hari KB seDunia. Kami serentak melaksanakan kegiatan KB sejak September hingga November ini,” katanya ditemui di RSUD Besuki, Rabu, 3 November 2021.

Ajeng memuji antusias kaum pria di Situbondo mengikuti MOP. MOP sendiri merupakan program KB jangka panjang bagi pasangan suami istri yang sudah tak ingin memiliki anak lagi. Program KB MOP itu sangat efektif karena berlaku seumur hidup.

“Situbondo sangat luar biasa karena masih tercatat capaian MOP tertinggi se Indonesia. Bahkan beberapa tahun silam MOP di Situbondo memecahkan rekor MURI,” ujarnya.

Menurut Ajeng, program KB di Situbondo harus terus ditingkatkan termasuk program KB bagi perempuan. Program KB sendiri berfungsi pengendalian penduduk melalui pengaturan jarak kelahiran. Selain itu, program KB bisa menekan jumlah ibu meninggal saat melahirkan, serta mencegah terjadinya balita stunting.

“Pengendalian penduduk perlu kita jaga untuk mencegah permasalahan yang lebih kompleks lagi di kemudian hari, seperti masalah-masalah sosial, ada kemiskinan, masalah pendidikan dan kesehatan,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain