BPBD Himbau Warga Waspada, Awan Kumulus Berpotensi Puting Beliung di Situbondo

0
179
BhasaFM
BPBD sosialisasi kebencanaan (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, mengingatkan warga berhati-hati beberapa hari kedepan. Awan kumulus berpotensi terjadinya angin putting beliung di bebarapa wilayah Situbondo.

BPBD mencatat ada enam Kecamatan di Situbondo rawan terjadi puting beliung tersebar di wilayah barat dan timur, meliputi Kecamatan Jatibanteng, Sumbermalang, Banyuglugur, Besuki, Asembagus dan  Kecamatan Banyuputih.

Menurut Kepala BPBD Situbondo, Taufiq Hidayat, BPBD menghimbau warga di enam Kecamatan tersebut selalu waspada, karena sesuai prediksi BMKG beberapa kedepan akan terjadi hujan dan berpotensi terjadi angin putting beliung.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Turun Langsung Salurkan Bantuan Pupuk Urea Gratis

Taufiq menambahkan, potensi angin putting beliung disebabkan karena awan kumulus yaitu awan pekat kehitam-hitaman. Oleh karena itu, jika warga melihat ada awan pekat dihimbau untuk selalu wapada.

Taufiq menambahkan,  sejauh ini BPBD terus gencar melakukan sosialisasi melalui desa-desa, untuk mengurangi resiko bencana.  BPBD juga sudah membentuk beberapa Desa tangguh bencana, seperti di Desa Sumberkolak  Kecamatan Panarukan.