BPBD Minta Pemdes Melapor Kalau Ada Daerahnya Krisis Air Bersih

0
81
bhasafm
Distribusi air bersih (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Musim kemarau menyebabkan sejumlah kawasan di Situbondo mengalami krisis air bersih.  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meminta Pemerintah Desa melapor kalau ada daerahnya mengalami krisis air bersih.

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Zainul Arifin, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan pola pendistribusian air bersih terhadap daerah terdampak kekeringan. Setiap tahun ada beberapa daerah mengalami krisis air bersih setiap musim kemarau.

“Kepala desa harus proaktif mengajukan bantuan air bersih kalau di daerahnya ada yang mengalami krisis air bersih,” katanya, Senin, 30 Agustus 2021.

BACA JUGA :  Berkunjung ke Galery Akar Dewa Jati, Buyer Amerika Pesan Kerajinan Erosi Untuk Pemeran

Zainul Arifin menambahkan, saat ini ada dua dusun mengalami krisis air bersih yaitu dusun Polai dan Dusun Bendusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa. Petugas BPBD akan melakukan survey untuk memastikan akses jalan dan titik pendistribusiannya.

“Untuk dua dusun ini kami jemput bola dan segera melakukan survey.  Kami segera lakukan distribusi mengingat air merupakan kebutuhan pokok sehari-hari,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain