Bumikan Nilai Pancasila, Jejaring Panca Mandala Situbondo Bikin Tagline Pelajar Pancasila Situbondo

0
68
bhasafm
Deklarasi jejaring panca mandala di gedung negara grahadi Surabaya (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) membentuk Jejaring Panca Mandala (JPM) di 38 Kabupaten, kota se jawa Timur termasuk Kabupaten Situbondo. Deklarasi jejaring panca mandala tersebut berlangsung di Gedung Negara Grahadi Jawa Timur di Surabaya, Kamis kemarin.

Di berbagai daerah, nama jejaring panca mandala disesuaikan ikon daerah masing-masing. Jejaring panca mandala di Kabupaten Situbondo diberi nama Jejaring Panca Mandala Baluran.

Jejaring panca mandala merupakan mitra strategis BPIP RI  melakukan sosialisasi dan penanaman nilai-nilai  ideologi pancasila di tengah masyarakat. Jejaring panca mandala terdiri dari lima unsur yaitu unsur Pemerintah, Media massa, pengusaha, unsur dunia pendidikan dan organisa sosial kemasyarakatan.

Sebelum deklarasi, ratusan anggota jejaring panca mandala mengikuti pembekalan pancasila selama tiga hari. Deklarasi jejaring panca mandala dihadiri Kepala BPIP RI, Yudian Wahyudi dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta seluruh Kepala Daerah se Jawa Timur.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa pada Kantor Kesbangpol Pemkab Situbondo, Adi Pratama mengatakan, dirinya sebagai perwakilan pemerintah sekaligus menjadi koordinator jejaring panca mandala Baluran Situbondo.

BACA JUGA :  Operasi Zebra Gunakan Tilang Elektronik, Tujuh Pelanggaran Lalulintas Jadi Sasaran Operasi

“Alhamdulillah, lima anggota jejaring panca mandala Situbondo sudah selesai mengikuti pembekalan ideologi pancasila,” ujarnya, Minggu, 31 Juli 2022.

Adi Pratam menambahkan, sesuai tugas dan fungsi jejaring panca mandala yaitu membumikan nilai-nilai pancasila, maka jejaring panca mandala Baluran akan fokus melakukan sosialiasi dan penguatan ideologi pancasila di kalangan pelajar, dengan tagline pelajar Pancasila Situbondo.

Menurut Adi Pratama, untuk program jejaring panca mandala tahun ini akan fokus di kalangan pelajar, karena mulai tahun ini Pancasila sudah masuk kurikulum. Penguatan ideologi pancasila di kalangan pelajar sangat penting di tengah maraknya arus globalisasi informasi.

“Banyak generasi millenial saat ini tak mengerti ideologi Pancasila. Ini sangat berbahaya terutama masuknya trans internasional melalui sosial media,” terangnya.

Oleh karena itu, Adi Pratama mengajak seluruh elemen masyarakat, agar mendukung dan bergabung bersama jejaring panca mandala menjaga harmoni sosial melalui penanaman nilai pancasila.

“Ideologi pancasila sudah final karena lima sila yang terkandung di dalamnya telah menjadi pemersatu baik antar umat beragama maupun yang berbeda ras dan suka menjadi satu yaitu NKRI,” pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain