Bung Karna Pantau Trial Pengaspalan Jalan, Tanpa Keluarkan Anggaran Bisa Bangun Jalan

0
180
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi (topi hitam) sedang mengawasi trial (percobaan) pengaspalan jalan di Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Rabu, 16 Juni 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi mengawasi langsung pelaksanaan trial atau percobaan pengaspalan jalan di Desa Jatisari dan Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa. Trial pengaspalan jalan ini merupakan percobaan kualitas aspal yang dilakukan perusahaan penyedia aspal hotmix.

Didampingi Kepala Dinas PUPR, Gatot Siswoyo, Bupati mengechek langsung kualitas kandungan aspal serta ketebalannnya saat digilas. Trial pengaspalan jalan ini sekaligus menjadi persyaratan perusahaan penyedia aspal untuk bisa ikut proyek infrastruktur jalan di Situbondo.

Menurut Karna Suswandi, trial pengaspalan jalan tidak menggunakan dana APBD, melainkan berasal dari tiga perusahaan penyedia aspal hotmix. Total anggaran yang dikeluarkan perusahaan tersebut sebesar 600 juta.

“Jadi trial pengaspalan jalan ini tidak menggunakan APBD melainkan partisipasi dari perusahaan. Setiap perusahaan mengaspal jalan senilai Rp. 200 jutaan. Jadi kita bisa hemat dana APBD sekitar Rp. 600 juta,” katanya, Rabu, 16 Juni 2021.

BACA JUGA :  Satgas Target Cakupan Vaksin 75 Persen Tuntas 10 Desember

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu menambahkan, percobaan aspal dilakukan di tiga titik dari Desa Curahtatal hingga Desa Jatisari. Trial aspal sangat membantu karena Pemkab bisa menghemat anggaran untuk perbaikan jalan.

Bung Karna mengaku, kalau setiap tahun ada trial pengaspalan jalan, maka perbaikan jalan yang rusak akan semakin cepat. Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendorong perusahaan melakukan trial pengaspalan jalan sebagai syarat ikut proyek di Situbondo.

“Ini kualitasnya sudah bagus. Tadi saya lihat kandungan aspalnya 6,9 persen, kepadatannya 4,8 atau 4 centi setelah digilas. Sedangkan kepanasannya mencapai 130 derajat. Kalau kepanasannya di bawah 100 derajat tidak lolos karena tak memenuhi syarat. Alhamdulillah, ini memenuhi syarat,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain