Bung Karna Paparkan Pelayanan Kesehatan Warga Miskin Gratis di Depan Pegawai Rumah Sakit

0
1312
bhasafm
Bupati Karna Suswandi bersama Wabup Ny. Hj. Khoirani sempat melakukan sidak sebelum rapat koorinasi bersama pegawai rumah sakit ( foto : zaini zain )

Situbondo-Bupati Situbondo Karna Suswandi, memaparkan pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis bagi warga miskin di Situbondo. Bung Karna menyampaikan ingin memberikan pelayanan terbaik  dengan cara cukup berobat menggunakan E-KTP. Pemaparan ini disampaikan Bung Karna  saat bertemu pegawai Rumah Sakit Abdoer Rahem Situbondo, Selasa kemarin.

Menurut Bung Karna, Kebijakan pelayanan kesehatan gratis bagi warga miskin, hanya tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup) untuk segera dilaksanakan. Bentuk pelayanan kesehatan gratis menggunakan E-KTP, diharapkan menjadi pelayanan terbaik bagi masyarakat Situbondo.

“Tahun ini sudah kami anggarkan 9 Miliar untuk pelayanan kesehatan gratis bagi warga miskin. Para pegawai rumah sakit akan berada di garda terdepan pelayanan kesehatan ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  Taman Kota, Bikin Asyik Jadi Tempat Rekreasi dan Selfie

Bung Karna menambahkan, saat ini pelayanan kesehatan gratis menggunakan E-KTP masih belum bisa dilakukan secara online, karena belum terkoneksi dengan data Dinas Kependudukan. Untuk sementara pelayanannya menggunakan manual.

“Masih kita garap koneksi data dengan Dinas Kependudukan. Nanti kalau sudah tersambung akan semakin mudah,” ujarnya.

Bung Karna menambahkan, pelayanan kesehatan berbasis E-KTP berbeda dengan pelayanan kesehatan menggunakan SPM. Warga miskin tidak perlu lagi ribet mengurus persyaratan administrasi, karena cukup menggunakan E-KTP dan KK. Bagi anak warga miskin  yang mau berobat cukup melampirkan akte kelahiran.

“Warga miskin yang mau berobat tidak perlu wira-wiri lagi ke kantor desa dan Kecamatan. Saat kita berubah menuju lebih baik lagi,” pungkasnya.

Reporter : Zaini Zain