25.2 C
Situbondo
Selasa, Januari 31, 2023

Bupati Karna Datang Warga Merak Senang

Situbondo- Ratusan warga Dusun Merak Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, menyambut antusias kunjungan Bupati Situbondo Karna Suswandi, Selasa kemarin. Warga menunggu kedatangan orang nomer satu di lingkungan Pemkab Situbondo sejak pagi.

Begitu bertemu Bupati Karna Suswandi, warga pun tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Pertemuan Bupati Karna Suswandi bersama ratuan warga dikemas dalam kegiatan ngobrol bareng warga Merak berlangsung penuh keakbaran. Sejumlah perwakilan warga menyampaikan terima kasih, karena dibawah kepempimpinan Bupati Karna Suswandi,saat ini warga Merak memiliki akses jalan.

“Terima kasih Pak Bupati, kami benar-benar merasa merdeka. Baru kali ini kami memiliki akses jalan setelah puluhan tahun terisolir,” kata Sumaki, perwakilan warga, Selasa, 29 November 2022.

Saat ini, Pemkab Situbondo membangunan akses jalan sepanjang 10 kilometer dari Dusun Sidomulyo ke Dusun Merak. Sebelumnya, sekitar seribu lebih warga di tempat ini seperti tersolir. Mereka hanya bisa melewati jalan setepak melintasi kawasan konservasi hutan taman nasional baluran.

Saat musim penghujan tiba, warga tak bisa melewati jalan setapak karena tanahnya yang licin tak bisa dilalui kendaraan roda dua. Warga yang nekat melintas di tengah lebatnya hutan Baluran dipastikan akan terjebak tanah liat.

“Sekarang kendaraan roda empat dan roda tiga sudah bisa masuk merak. Pasti ini akan memantik roda perekomian. Dulu, kalau musim penghujan bukan warga yang naik motor, tapi motornya harus dipikul karena enggak bisa jalan. Sekali lagi, terima kasih pak Bupati,” kata Sumaki.

BACA JUGA :  Kondisi Mengantuk, Mobil Travel Alami Kecelakaan Di Hutan Baluran

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi, terus memberikan semangat kepada warga Merak. Saat ini, dirinya baru bisa mengerjakan 10 kilometer pembangunan akses jalan sesuai izin yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

“Kami lakukan pembangunan secara bertahap. Saat ini sedang diusulkan lagi pengajuan izin untuk kelanjutan pembangunan akses jalan,” kata Karna Suswandi disambut tepuk tangan warga Merak.

BACA JUGA :  KPU Kabupaten Situbondo Melantik 408 Panitia Pemungutan Suara (PPS)

Menurut Karna Suswandi, sebenarnya dirinya mengajukan izin dari Dusun Sidomulyo Desa Sumberwaru hingga kawasan pantai Batu hitam. Ia berjanji akan mengajukan proses perizinan lagi untuk melanjutkan pembangunan jalan agar terkoneksi dengan pemukiman warga serta delapan destinasi yang ada.

Karna Suswandi menambahkan, pembukaan akses jalan Dusun Merak berdampak langsung terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat, apalagi di kawasan Labuhan memiliki banyak destinasi wisata.  Baru dimulai pembukaan  akses jalan, harga sembako di pelabuhan merak saat ini sudah relatif sama dengan harga di tempat lain. Seperti tabung LPG, sebelum dibanguan jalan harganya mencapai Rp. 23 ribu, saat ini sudah turun menjadi Rp. 19 ribu.

“Kami akan segera luncurkan destinasi wisata Labuhan Merak. Kami optimis perekonomian di tempat ini akan terus tumbuh berkembang dengan banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi wisata,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,684PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles