Bupati Karna Suswandi Pantau Langsung Pelaksanaan Pelayanan KB Gratis

0
43
bhasafm
Bupati Situbondo didampingi istri dan Kepala DPPKB memantau langsung pelaksanaan pelayanan KB gratis (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi, meninjau langsung pelaksanaan pelayanan KB gratis bagi 10.715 aseptor, Senin kemarin. Bupati sempat berbincang langsung dengan sejumlah aseptor laki-laki yang memutuskan ikut MOP atau metode operasi pria.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu sangat apresiasi pelaksanaan pelayanan KB gratis dalam rangka Hari Keluarga Nasional tahun 2021. Melalui pelaksanaan KB tersebut pertumbuhan penduduk bisa dikendalikan.

“Harapannya bahwa masyarakat kita sadar akan menjaga pertumbuhan penduduk sehingga angka stunting bisa juga dikendalikan,” katanya saat menghadiri Hari Keluarga Nasional tahun 2021, di Makodim Situbondo, Senin, 21 Juni 2021.

Sementara itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Pemkab Situbondo, menggelar KB gratis baik bagi laki-laki maupun wanita. Dari 10 ribu lebih aseptor yang mengikuti pelayanan KB gratis, paling banyak aseptor KB Pil sebanyak 8.564 orang dan KB suntik sebanyak  1.344 orang.  Ada pula aseptor metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) yakni implant 660 orang, Metode Operasi Pria (MOP) 25 akseptor dan Metode Operasi Wanita (MOW) sebanyak 25 akseptor.

BACA JUGA :  Terungkap Identitas Emak-Emak Yang Viral Bonceng Pasien Masuk IGD Rumah Sakit Mitra Sehat

Menurut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Situbondo, Imam Ghazali, penggunaan KB MKJP lebih efektif jika dibandingkan KB non MKJP, karena angka kegagalannya sangat rendah yaitu 1 persen.

“Karena itu dalam rangka Hari Keluarga Nasional ini kami juga melakukan edukasi kepada masyarakat terkait KB MKJP tersebut,” terangnya

Imam Gazali menambahkan, melalui KB MKJP masyarakat dapat mengatur masa kehamilannya, termasuk kalau ingin menghentikan masa kehamilan bagi pasangan yang sudah memiliki dua orang anak.

“Kalau ingin menjaga jarak kehamilan atau ingin menghentikan kehamilan, maka MKJP dengan MOW dan MOP merupakan pilihan yang tepat,”ujarnya.

Reporter: Zaini Zain