Bupati Karna Suswandi Siap Sukseskan Pilot Project Produk Halal di Situbondo

0
168
bhasafm
Bupati Situbondo, Karna Suswandi saat menemani Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meninjau stand produk IKM dan UMKM di kawasan pasir putih, Rabu, 14 Mei 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengaku siap memberikan suport untuk mensukseskan pilot project produk halal di kawasan wisata pasir putih, sebagai percontohan di Jawa Timur dan nasional.

Menurut Karna Suswandi, penandatanganan MoU Halal Value Chain merupakan yang pertama kali di lakukan Pemprov Jawa Timur dengan Pemkab dan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat  MUI Jatim. Pemkab akan memberikan suport  kepada pelaku IKM dan UMKM baik berupa pengembangan usaha maupun proses sertifikasi halal.

“Kita akan support  baik pengembangan usahanya maupun proses sertifikasi halalnya karena ini merupakan pilot project percontohan pertama di Jatim dan harus suskes,”katanya, ditemui usai acara, Rabu, 26 Mei 2021.

BACA JUGA :  Warga Mulai Resah Maraknya Pencurian, Semalam Lima Rumah Dibobol Kawanan Pencuri

Karna Suswandi menambahkan, peluang menjadi IKM dan UMKM halal di Situbondo sangat besar, mengingat Kabupaten Situbondo memiliki banyak pesantren. Peluang besar tersebut harus ditangkap untuk mendatangkan rezeki yang halal.

Menurutnya, persaingan IKM dan UMKM tentu akan semakin ketat. Jaminan produk halal akan menjadi keunggulan tersendiri bagi pelaku IKM dan UMKM. Kedepan, pelaku IKM dan UMKM Situbondo tidak hanya jadi penonton, melainkan pelaku yang akan bersiangan dengan produk lain.

“Nantinya pelaku IKM dan UMKM di Situbondo tentu akan bersaing dengan pelaku IKM dan UMKM dari Kabupaten lain. Kita dorong pengembangan usaha dan sertfikasinya,”terangnya

 

Reporter: Zaini Zain