Bupati Luncurkan Program PSC 119, Pelayanan Gratis Untuk Mencegah Korban Jiwa Kedaruratan

0
104
bhasafm
Launching-Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wakil Bupati Ny. Hj. Khoirani meresmikan gedung Call Center PSC 119 di Kantor Dinas Kesehatan Situbondo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo meluncurkan program PSC 119 atau Public Safety Center, di Kantor Dinas Kesehatan, Rabu kemarin. Program  PSC 119 untuk memberikan pertolongan kedaruratan gratis bagi korban kecelakaan maupun kebencanaan.

 Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Dwi Herman Susilo, program PSC 119 dilengkapi dengan gedung Call Center dan akan memberikan pelayanan 24 jam.  Masyarakat yang membutuhkan pertolongan kedaruratan bisa langsung menghubungi.

“Ini pelayanan kedaruratan seperti kecelakaan lalulintas maupun bencana alam. Masyarakat bisa memanfaatkan call center PSC 08226500119 meminta pertolongan,” katanya Rabu, 31 Maret 2021.

Dwi menambahkan,  bahwa pelayanan PSC 119 terkoneksi dengan seluruh fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas. PSC 119 berlaku untuk semua masyarakat termasuk warga asal luar kota. Mereka yang mengalami kecelakaan lalulintas di jalan raya pantura Situbondo, dapat memanfaatkan pelayanan PSC 119 untuk meminta pertolongan.

“Kami punya fasilitas gedung call center serta menyiapkan dua ambulance yang dilengkapi petugas medis. Pelayanan PSC 119 juga terintegrasi dengan seluruh fasilitas kesehatan di Situbondo,” terangnya.

BACA JUGA :  Utamakan Kepentingan Rakyat, Praktisi Hukum Desak Anggota Dewan Percepat Pembahasan PAPBD 2021

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengapresiasi peluncuran PSC 119 tersebut. Program ini diharapkan dapat memudahkan proses evakuasi kedaruratan seperti korban kecelakaan di jalan raya maupun pelayanan emergency  kebencanaan.

Menurutnya, pelayanan PSC sekaligus memutus rentang waktu  pelayanan birokrasi yang selama terkesan lamban. Petugas PSC 119 juga dilengkapi dengan aplikasi yang dapat mendeteksi posisi korban kedaruratan setelah menerima laporan.

“Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan PSC ini. Tadi saya sudah mencoba simulasi di gedung PSC dan bisa mendeteksi lokasi dengan seperangkat alat aplikasi,” terangnya

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu mengaku, semua petugas PSC 119 dilengkapi radio monitor yang juga terkoneksi dengan instansi lain seperti kepolisian. Oleh karena itu, program PSC ini merupakan salah satu inovasi pelayanan kesehatan untuk masyarakat Situbondo.

“Ini bentuk program inovasi untuk memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Masyarakat juga bisa ikut mengevaluasi efektifitas program ini,” ujarnya

Reporter: Zaini Zain