Bupati Perintahkan Satgas Galakan Operasi Yustisi Cegah Virus Varian Baru Omicron

0
230
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat memantau pelaksanaan vaksin siswa yang di gelar PGRI di pendopo kabupaten (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi. memerintahkan Satgas Covid-19 menggalakan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes). mengingat virus Covid-19 varian baru omicron sudah masuk Indonesia.

Selain itu, operasi yustisi di sejumlah tempat umum.  Bupati juga mengimbau masyarakat segera ikut vaksin. karena hanya dengan vaksin akan menambah imun atau kekebalan tubuh. Saat ini. hanya vaksin dan disiplin prokes diyakini bisa mencegah laju penyebaran Covid varian baru omicron.

“Ini ikhtiar kita bersama untuk melindungi masyarakat. Karena hanya dengan vaksin dan disiplin prokes Insyaallah bisa mencegah Covid-19,” katanya, saat menghadiri vaksin pelajar di pendopo Kabupaten, Sabtu, 18 Desember 2021.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu menambahkan. saat ini capaian vaksin di Situbondo masih di bawah angka 70 persen dari jumlah cakupan vaksin 548.304 orang. Untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok). maka  capaian vaksin harus mencapai 70 persen dari jumlah cakupan. Oleh karena itu. masyarakat diimbau untuk segera vaksin melalui Puskesmas maupun klinik vaksin yang sudah dipersiapkan Satgas.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Pimpin Tradisi Siram Bunga Sambut Anggota Polisi Baru

“Mulai Senin, 20 Desember 2021, saya perintahkan galakan operasi yustisi di jalan dan tempat-tempat umum. Kalau ada masyarakat belum vaksin kita anjurkan segera vaksin di tempat atau arahkan ke klinik yang sudah ada,” ujarnya.

Bung Karna menambahkan. Satgas sudah menargetkan capaian vaksin 70 persen akhir Desember 2021.  Kabar terbaru bahwa vaksin juga sudah  bisa dilakukan untuk siswa dari usia 6 tahun hingga 17 tahun. Bung Karna meminta Dinas Pendidikan agar menggencarkan program vaksin bagi pelajar agar program Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah bisa terus dilakukan.

“Hari ini PGRI Situbondo telah melakukan vaksin terhadap 115 siswa. Saya akan menunggu sekolah mana lagi (SD,SMP) yang akan menggelar vaksin. Kalau SMA/SMK sudah banyak yang vaksin,” tuturnya.
Reporter: Zaini Zain