Bupati Situbondo Dorong Perpustakaan Digital Menuju Indonesia Emas 2045

0
112
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat melihat pameran buku dan arsip tempo dulu di depan Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi mendorong Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan, mulai merencanakan pengembangan perpustaan berbasis digital. Hal itu disampaikan saat membuka acara pesta buku  dan pameran arsip tempo dulu, Rabu kemarin.

Menurut Karna Suswandi, pengalihan katalog pepustakaan menjadi katalog digital diperlukan, untuk membangun sumberdaya daya manusia unggul menyongsong Indonesia Emas 2045. Pengubahan katalog digital diperlukan agar mudah diakses masyarakat umum.

“Perlu mengubah perspektif tentang perpustakaan dengan buku bertumpuk, katalog tak berurutan jadikanlah perpustakaan inovatif yang mudah diakses oleh semua pihak,” ujarnya.

Karna Suswandi mengaku mengapresiasi adanya pesta buku dan pameran arsip tempo dulu, sebagai bentuk kampanye gemar membaca.  Kegiatan membaca sangat penting, agar kemampuan literasi cukup baik dan mendorong penyesuaian diri dengan perkembangan zaman.

BACA JUGA :  Digerebek Polisi Penjudi Sabung Ayam Semburat Kabur

“Apalagi kegiatan ini juga ditambah dengan adanya kegiatan UMKM, pasti akan berdampak terhadap geliat roda perekonomian,” terangnya.

Sementara itu, Kegiatan pesta buku dan pemeran arsip tempo dulu digelar di halaman Kantor Perpusatakaan di jalan Kartini sebelah barat rumah dinas Bupati.  Kegiatan ini berlangsung sejak hari Rabu kemarin hingga 14 hari kedepan.

Reporter: Zaini Zain