Bupati Situbondo Lepas Ekspor Produk Makanan UMKM ke Turki

0
65
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat melepas ekspor produk makanan UMKM ke Turki (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi, melepas ekspor produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Situbondo. Ribuan produk makanan itu akan di ekspor ke Negara Turki.

Bupati Karna Suswandi mengaku bangga dan akan terus memberikan support, agar ekspor produk UMKM ke luar negeri semakin meningkat. Semakin tinggi mengekspor produk makanan, akan  mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“Ini ada permintaan ekspor produk makanan ke Turki melalui OKE OCE,” katanya, ditemui di pendopo Kabupaten, Senin, 22 November 2021.

Bung Karna meminta agar pelaku UMKM terus menjaga kualitas dan meningkatkan produktivitasnya untuk memenuhi permintaan pasar. Selain ke Turki, masih ada  permintaan pengiriman barang makanan UMKM ke Australia.

“Para pelaku UMKM harus menjaga kualitas dan produktivitasnya untuk mengaja kepercayaan pasar. Ketersediaan produk akan jadi jaminan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pembangunan Mushalla DPRD Situbondo Habiskan Anggaran Ratusan Juta

Pernyataan senada diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Situbondo, Nugroho. Menurutnya, pengiriman produk makanan ke Turki baru ini merupakan yang pertama kali. Kontrak ekspor ke Turki masih akan berlangsung hingga 2022 mendatang.

“Produk yang di ekspor adalah makanan kering yang tahan lama antara 6 sampai 12 bulan, seperti kerupuk, onde-onde kering, serta produk makanan lainnya,” tuturnya.

Menurut Nugroho, para pelaku UMKM semuanya akan dilibatkan, karena masih ada permintaan ekspor lagi ke Negara lain. Oleh karena itu, para pelaku UMKM akan dikumpulkan terkait peluang ekspor produk ini.

“Untuk rencana ekspor ke Australia kami masih akan mengumpulkan para pelaku UMKM mempersiapkan produknya,”

Reporter: Zaini Zain