Bupati Situbondo Mutasi 104 Pejabat Eselon IV Untuk Penyederhanaan SOTK

0
155
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi sedang melantik dan mengambil sumpah para pejabat di pendopo Kabupaten Situbondo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Menteri Dalam Negeri menegur Pemkab Situbondo, karena termasuk lamban menerapkan penyederhanaan SOTK atau Sistem Organisasi Tata Kerja perangkat daerah. Hal itu disampaikan Bupati Situbondo, Karna Suswandi, saat melantik 104 pejabat eselon IV di pendopo Kabupaten, Rabu kemarin.

Menurut Karna Suswandi, penyederhanaan birokrasi menjadi dua level sesuai SE Menpan RB 27 Mei 2021, bahwa penyederhanaan birokrasi dilakukan tiga kali tahapan, yaitu penyederhanaan struktur, jabatan dan sistem kerja.

“Jadi mutasi jabatan hari ini merupakan bagian menuju penyederhanaan  SOTK . Mendagri menegur Pemkab Situbondo karena dinilai lamban menerapkan penyederhanaan SOTK tersebut,” terangnya.

BACA JUGA :  Pengiriman Logistik Pilkades Dikawal Ketat Aparat Kepolisian

Karna Suswandi menambahkan sebanyak 104 pejabat eselon IV yang baru dilantik merupakan pejabat administrator dan pengawas. Para pejabat eselon IV yang baru dilantik itu  nantinya akan menjadi pejabat fungsional.

Dengan begitu, mereka bisa dengan naik pangkat,yaitu sekitar 1-3 tahun sudah bisa naik pangkat kalau kinerjanya baik. Berbeda dengan status pejabat pejabat struktura membutuhkan waktu 4 tahun untuk naik pangkat.

“Mutasi jabatan ASN itu sudah biasa dalam rangka penyegaran. Mereka yang menempati jabatan baru segera menyesuaikan diri dengan tugas pokok dan fungsinya,”terangnya.

Reporter: Zaini Zain