Bupati Tinjau Persiapan Penyebrangan Jangkar-Lembar NTB

0
140
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat mengecek pelabuhan Jangkar untuk uji coba penyebrangan rute pelabuhan Lembar NTB (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi, mengecek persiapan uji coba penyebrangan kapal feri dari pelabuhan Jangkar menuju pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Timur. Uji coba ini untuk pertama kalinya di lakukan dari pelabuhan Jangkar dengan rute penyebrangan antar Provinsi.

Uji coba penyebrangan ini akan dilakukan antara 15-16 Maret mendatang, karena Kementerian perhuBungan meminta agar penyebrangan sudah bisa dilakukan sebelum gelaran MotoGP Mandalika.

Menurut Karna Suswandi, pihaknya mengecek langsung ke pelabuhan, untuk dilaporkan ke Kementerian PerhuBungan, terkait kesiapan di pelabuhan untuk dimulainya uji coba penyebrangan menuju pelabuhan Lembar NTB. Beberapa persiapan yang ditinjau Bupati seperti area parkir kendaraan besar serta pengerasan jalan menuju pelabuhan.

“Hari ini juga kami harus melaporkan ke Kemenhub terkait kesiapannya. Insya Allah pekan depan antara tanggal 15-16 Maret,  uji coba akan dilaksanakan,” ujarnya, Rabu, 9 Maret 2022.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Pimpin Tradisi Siram Bunga Sambut Anggota Polisi Baru

Karna Suswandi menambahkan, sesuai janji Direktorat Jenderal PerhuBungan Darat Kementerian PerhuBungan, bahwa  pengembangan akses pelayaran dari Pelabuhan Jangkar menuju Indonesia bagian timur, akan beroperasi sebelum kegiatan MotoGP di Sirkuit Mandalika NTB, yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Oleh karena itu, Bupati berharap Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Jangkar untuk berpartisipasi terlibat aktif memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga sekitar pelabuhan sehingga situasi kondusif. Beroperasi penyebrangan Jangkar-Lembar NTB akan berdampak peningkatan ekonomi warga sekitar pelabuhan.

“Dirjen PerhuBungan Darat meminta bagaimana caranya agar sebelum kegiatan MotoGP di Mandalika rute penyebrangan ini sudah bisa beroperasi ke Lembar,” pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain