Car Free Day Kembali Dibuka, Bupati Situbondo Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Prokes

0
174
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi meninjau Car Free Day dan membeli produk minuman Industri Kecil dan Menengah (IKM) (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Setelah cukup lama tutup akibat pandemi Covid-19, kini warga Situbondo bisa kembali menikmati suasana Car Free Day (CFD) di sekitar alun-alun Situbondo hingga jalan Ahmad Yani. Tak hanya menjadi tempat rekreasi di hari Minggu, kegiatan CFD menjadi salah satu penggerak perekonomian masyarakat.

Para pedagang menyambut antusias dibukanya kembali CFD. Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Kapolres AKBP Andi Sinjaya serta Dandim 0823 Letkol Inf Neggy Kuntagina meninjau langsung hari pertama CFD. Bupati bersama rombongan berkeliling melihat para pedagang dan mengimbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan.

Anita Susanti, salah seorang pedagang kuliner mengaku mengapresiasi dibukanya kembali kegiatan CFD, mengingat kegiatan CFD memiliki dampak ekonomi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  Ia menjelaskan selama ini pelaku UMKM banyak gulung tikar akibat pandemik.

“Kami menyambut baik dibukanya CFD ini. Mudah-mudahan Covid-19 terus melandai dan perekonomian kembali normal. Alhamdulillah, dagangan kami laris manis pada hari pertama CFD,” ujar pedagang kuliner ini, Minggu 20 Maret 2022.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, Pemkab membuka kembali CFD karena beberapa pekan terakhir ini penyebaran Covid-19 sudah melandai. Satgas terus memantau kegiatan CFD di era new normal untuk memastikan masyarakat tetap disiplin prokes.

BACA JUGA :  Dapat Remisi Tiga Warga Binaan Rutan Situbondo Langsung Bebas

“Ini kegiatan CFD new normal. Jadi kegiatan masyarakat ini tetap  kami pantau. Ada petugas BPBD, Satpol PP dan TNI-Polri terus berkeliling mengingatkan masyarakat tetap menjaga prokes,” ujarnya.

Menurut Karna Suswandi, kegiatan CFD memang memungkinkan dibuka karena saat ini kabupaten Situbondo masuk level II PPKM. Kegiatan CFD ini sebagai upaya pemerintah untuk menggerakan kembali perekonomian masyarakat.

Karna Suswandi berharap agar kegiatan CFD di era new normal akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya disiplin prokes serta kesadaran untuk melakukan vaksinasi.  Saat ini capaian vaksin di Situbondo sudah di atas 80 persen, sedangkan vaksin dosis III untuk masyarakat umum masih baru dimulai.

Menurutnya, kegiatan CFD tidak hanya menjadi tempat transaksi ekonomi, melainkan disiapkan tempat pengobatan gratis. Masyarakat  juga bisa mengikuti senam massal untuk menjaga kebugaran tubuh.  Pelaksanaan CFD akan terus dievaluasi mengingat Pemkab Situbondo berencana membuka pasar ramadhan.

“Tentu kegiatan CFD akan terus kami evaluasi, baik secara ekonomi maupun kesehatan. Ratusan pedagang yang ikut di arena CFD akan diikutkan juga saat pasar ramadhan nanti,” pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain