Cegah Penyalahgunaan Narkoba Puluhan Sopir Bus Dilakukan Tes Urine

0
137
bhasafm
Kapolres Situbondo AKBP Andi SInjaya saat memantau tes urine bagi sopir angkutan di terminal Situbondo (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Kapolres Situbondo memimpin langsung tes urine terhadap para sopir angkutan umum di terminal Situbondo, Rabu pagi kemarin.  Tes urine dan pemeriksaan kesehatan itu untuk memberikan perlindungan terhadap penumpang.

Menurut Kaplores AKBP Andi Sinjaya, ada 25 sopir dilakukan tes urine untuk mendeteksi adanya penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang lainnya. Para sopir yang diperiksa merupakan sopir bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

“Pemeriksaan dilakukan mendadak bagi sopir yang baru tiba di terminal. Selama pemeriksaan tidak ditemukan sopir menggunakan narkoba maupun obat-obatan terlarang lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Baru Pertama Pilkades Gunakan TPS, Kapolres Himbau Tidak Ada Konvoi Kemenangan

Kapolres menambahkan, pemeriksaan tes urine dan kesehatan bagi para sopir dilakukan menyambut arus mudik lebaran. Ia meminta para sopir berhati-hati di jalan untuk menjaga keselamatan penumpang.

Dijelaskan, selaian memeriksa sopir bus, pihaknya bersama  Dishub dan UPT Situbondo-Banyuwangi, juga melakukan pemeriksaan kelayakan angkutan.

“Memasuki H-10 menjelang lebaran, Polres Situbondo bersama Dishub Provinsi Jawa Timur UPT Situbondo-Banyuwangi mempersiapkan pelayanan mudik lebaran diantaranya melakukan pemeriksaan urine untuk memastikan tidak terindikasi mengonsumsi narkoba dan juga dilakukan pengecekan kondisi kesehatannya “ terangnya.

Reporter: Zaini Zain