Cegah Penyebaran Covid-19, DMI Minta Pengawasan 25 Masjid di Jalur Pantura

0
145
bhasafm
Pengurus DMI Situbondo saat bertemu Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya di Mapolres, Senin, 31 Januari 2022 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Situbondo, meminta ada pengawasan terhadap Masjid di jalur pantura untuk mencegah penyebaran Covid-19.  Pernyataan ini disampaikan Ketua DMI Situbondo KH. Zaini Ridwan, saat bertemu Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya, Senin 31 Januari 2022.

Menurut Kiai Zaini, ada 25 masjid berada di sepanjang jalan pantura Situbondo. Keberadaan Masjid tersebut selalu menjadi tempat transit pengendara yang melintas. Oleh  karena itu, perlu ada perhatian atau himbauan terkait penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami mencatat ada 25 Masjid di jalan pantura. Kami dari DMI ingin bekerjasama dengan Polres untuk memasang himbauan prokes di masjid-masjid tersebut guna mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Kiai Zaini menambahkan, DMI mendukung program pemerintah terkait pencegahan Covid-19. Selama ini, DMI ikut melakukan sosialisasi maupun melaksanakan program vaksinasi seperti yang telah dilaksanakan di Masjid Al Abror Situbondo.

“Terkait vaksinasi, DMI juga siap membantu mensukseskan program Pemerintah tersebut seperti yang sudah dilakukan di Masjid Al Abror,” tuturnya.

BACA JUGA :  30 Tahun Warga Krisis Air Bersih, Pergantian Pemimpin Tak Pernah Ada Solusi

Selain itu, Kiai Zaini juga menyampaikan kelanjutan program muhibah umat yang dilakukan DMI bersama Polres Situbondo. Melalui kegiatan mengunjungi masjid di daerah terpencil, DMI mengajak Polres memakmurkan Masjid dan  Mushola dalam rangka memperkokoh Iman dan Taqwa kepada Allah SWT.

“Kerjasama kegiatan  muhibbah umat yang sudah lama terjalin akan terus dilakukan untuk mengunjungi Masjid-Masjid guna membentengi masyarakat dari paham radikalisme,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya, menyambut baik kerjasama kegiatan muhibah umat tersebut. Program Muhibah Ummat antara DMI dan Polres sangat bagus, mengingat syiar Kamtibmas juga memposisikan masjid sebagai sarana yang penting dan strategis. Tidak hanya sebagai sarana ibadah, namun sebagai media berkomunikasi dengan masyarakat seperti sosialisasi protokol kesehatan.

“Terima kasih atas kunjungan para pengurus DMI, Polri butuh dukungan para Ulama dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif dan juga dalam penanganan Covid-19 bisa berkolaborasi mensukseskan program Pemerintah yakni vaksinasi “ pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain