Cegah Penyebaran Covid Selama Libur Tahun Baru Polres Himbau Kunjungan Wisata Dibatasi

0
152
Bhasafm
Kapolres Situbondo AKBP Ach. Imam Rifa'i (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Libur tahun baru dikhawatirkan akan memperparah penyebaran Covid-19. Polres Situbondo mengimbau pelaku wisata untuk membatasi pengunjung agar tak menimbulkan kerumunan.

Kapolres Situbondo AKBP Achmad Imam Rifa’i, mengatakan telah mendatangi sejumlah wisata untuk melakukan sosialisasi, seperti wisata pasir putih, Kampung kerapu dan taman nasional hutan baluran.

“Untuk taman nasional baluran sudah menutup kunjungan wisata sejak 21 Desember dan akan dibuka kembali 3 Januari 2021,” kata Kapolres AKBP Achmad Imam Rifa’i.

Kapolres mengatakan, pihaknya mengambil langkah pencegahan agar tak terjadi klaster wisata penyebaran Covid di masa liburan tahun baru. Kapolres mengingatkan pengelola wisata agar membatasi 50 persen jumlah pengunjung.

“Kami mengajak semuanya ikut berperan aktif mencegah penyebaran Covid. Untuk kunjungan wisata libur tahun baru harus ada pembatasan pengunjung 50 persen dari jumlah kapasitas wisata,” terangnya.

Kapolres menyarankan agar masyarakat berlibur di rumah bersama keluarga. Untuk beberapa hari kedepan, Polres yang melakukan operasi lilin semeru 2020, akan bersinergi dengan Satgas untuk menegakan protokol kesehatan melalui operasi penegakan yustisi.

BACA JUGA :  Satgas Target Cakupan Vaksin 75 Persen Tuntas 10 Desember

Data Satgas Covid-19 Situbondo menyebutkan, saat ini jumlah total pasien Covid sebanyak 1.501 orang, terdiri dari 1.284 pasien sembuh serta 107 pasien meninggal. Untuk pasien Covid yang sedang menjalani perawatan medis berjumlah 110 orang. Rinciannya, sebanyak 16 pasien di rawat di rumah sakit, 86 isolasi mandiri serta delapan pasien isolasi di pusat karantina pasir putih.

Saat ini ada delapan Kecamatan zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid di Situbondo, yaitu Kecamatan Besuki, Jatibanteng, Situbondo, Panarukan, Panji, Arjasa, Asembagus dan Banyuputih.

“Untuk hari ini ada tambahan 17 pasien baru terkonfirmasi Covid tersebar di lima Kecamatan,” kata jubir Satgas Covid-19, Dadang Aries Bintoro.