Cegah PMK Kian Meluas Hewan Ternak Sapi Muladi Divaksin

0
57
Pemkab Situbondo mulai melakukan vaksin hewan ternak sapi

Situbondo – Pemkab Situbondo mulai melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK). Vaksinasi dilakukan sejak 28 Juni hingga 2  Juli mendatang,  untuk mencegah penyebaran PMK yang menyerang hewan ternak tersebut tak semakin meluas.

Menurut Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Situbondo, Holil, Kabupaten Situbondo mendapat jatah vaksin sebanyak 3.100 dosis. Itu artinya baru ada 3.100 ekor sapi yang akan divaksin tahap pertama.

“Vaksin sudah kami distribusikan ke 17 Kecamatan. Pelaksanaan vaksin tahap pertama akan berlangsung hingga 2 Juli mendatanga,” terangnya, Selasa, 28 Juli 2022.

Holil mengatakan, jumlah hewan ternak sapi di Situbondo mencapai 260 ribu ekor. Dengan jumlah  vaksin yang diterima itu tidak bisa menjangkau seluruh hewan ternak yang ada. Oleh karena itu, kalau vaksin tahap pertama selesai, pihaknya akan mengajukan kembali bantuan vaksin.

BACA JUGA :  PCNU Situbondo Gelar Lomba Karya Ilmiah Bagi Akademisi dan Konten Videografi Bagi Generasi Millenial

Holil menambahkan, untuk memenuhi tingkat kekebalan hewan ternak, maka hewan ternak yang ada harus sudah 70 divaksin atau sekitar 185 ribu ekor sapi.

“Salah satu cara yang efektif mengatasi wabah PMK yaitu dengan vaksinasi,” ucapnya.

Holil mengaku, vaksin tahap pertama diprioritaskan untuk sapi potong dan sapi perah. Selain itu, vaksinasi diutamakan bagi peternak miskin dan daerah yang terpapar PMK.

“Bagi yang ternaknya belum mendapat vaksin, jangan hawatir karena kita sudah mengajukan vaksin tahap kedua,” bebernya.