Covid 19 Naik, Bagaimana Cara Menjaga Imun Tetap Berkualitas

0
72
Ilustrasi Herbal By pixabay.com

BhasaFM Situbondo- Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia tengah dilanda kenaikan kasus covid 19 yang cukup tajam, bahkan Indonesia menjadi sudah menempati urutan ke – empat kasus covid 19 tertinggi di dunia, setelah Amerika Serikat, Inggris, dan Brasil.

Penerapan protokol kesehatan penting di masa pandemi saat ini, tapi tak hanya penerapan prokes yang ketat, menjaga imun juga patut diperhatikan juga shobat bhasa. Berikut tips – tips menjaga imun tubuh tetap prima.

  1. Makan makanan yang bersih dan bergizi. Tips yang pertama untuk menjaga imun tubuh tetap bagus shobat bhasa, yaitu mengkonsumsi makanan yang bersih dan bergizi. Kebersihan makanan baik dari proses pengolahan sampai dihidangkannya. Makanan yang bersih tentu tidak membawa kuman yang akan merugikan bagi tubuh, selain bersih makanan juga harus bergizi. Gizi yang terdapat dimakanan tersebutlah yang akan diolah oleh tubuh termasuk penguatan imun tubuh.
  2. Konsumsi banyak air putih. Shobat bhasa. Tubuh manusia dewasa 50 – 60% terdiri atas air sesuai dengan berat tubuhnya, jadi asupan air yang kurang akan berpengaruh pada kinerja organ tubuh, seperti dehidrasi, menghambat pemulihan tubuh, dan berdampak buruk pada ginjal. Kinerja tubuh yang terhambat dapat mengurangi kekuatan dari imun tubuh tersebut. Imun yang lemah mengakibatkan mudahnya terjangkit virus, contohnya covid 19. ihhh gak mau kan.
  3. Kelola stress. Stress merupakan kondisi psikologis dimana diri merasa tertekan akan sesuatu, Stress bisa menurunkan imun tubuh shobat bhasa. Tentu saja stress susah untuk dihindari, berbagai tekanan muncul dari faktor mengakibatkan stress. Jika tidak dapat menghindari stress maka minimal shobat bisa mengelolanya. Hindari stress berlebihan dan berkepanjangan, shobat bhasa bisa melakukan beberapa hal seperti melihat pemandangan yang indah, bermain game, bersosialisasi tentunya untuk saat ini sosialisasi online ya, atau shobat juga dapat mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar shobat menjadi lebih tenang.
  4. Sun Bathing. Sun bathing atau mandi cahaya matahari, lebih mudahnya disebut dengan berjemur, lakukan 15 – 30 menit berjemur dipagi hari setelah sarapan dapat shobat bhasa lakukan. Berjemur dapat meningkatkan vitamin D dalam tubuh yang tentunya akan turut andil dalam meningkatkan imun shobat bhasa.
  1. Minum suplemen penunjang imun. Jangan lupa minum suplemen penambah imun, tidak perlu susah – susah mencari suplemen yang mahal shobat bhasa, jamu juga merupakan suplemen tradisional yang dapat shobat konsumsi guna meningkatkan imun shobat, minum jamu teratur dapat membantu meningkatkan imun tubuh.
  1. Olahraga teratur. Selanjutnya olahraga teratur, tentu saja olahraga yang teratur dan tidak berlebihan dapat shobat lakukan guna ikhtiar mendapatkan imun yang kuat. Olahraga dapat membuat metabolisme terjaga, setelah makan makanan bergizi dan minum suplemen tentu perlu terjadi metabolisme yang berkualitas untuk dapat menyerap semua gizi tersebut.
  1. Istirahat yang cukup. Setelah seharian disibukkan dengan aktivitas shobat, istirahat yang cukup menjadi salah satu kebutuhan. Tubuh yang sudah kelelahan dapat dengan mudah menurunkan kualitas dari imun shobat. Sehingga tubuh dapat dengan mudah dijangkiti berbagai penyakit.
BACA JUGA :  PMI Tegaskan Stok Darah Aman Selama Pandemi Covid-19

Baik shobat, sekian tips – tips untuk meningkatkan imun, masih banyak lagi hal yang dapat shobat lakukan, tetap sehat ya shobat !.

Oleh: Adit