Dandim Ajak Pasien Isoman Pindah ke Tempat Isoter

0
78
bhasafm
Dandim 0823Situbondo, Letkol (Inf) Neggy Kuntagina (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Satgas Covid-19 telah menyiapkan tiga tempat isolasi terpadu (Isoter). Saat ini, Satgas baru menggunakan wisma GOR Baluran menjadi tempat isoter untuk pasien yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Dandim 0823,Situbondo, Letkol (Inf) Neggy Kuntagina, mengajak masyarakat untuk menempati tempat isolasi terpadu, karena akan lebih terjamin karena ada petugas kesehatan yang akan terus memantau kesehatannya.

“Isoter ini sebagai bentuk pengendalian penyebaran Covid-19. Karena di Isoter pasien akan lebih mudah terpantau kesehatannya,” ujarnya, ditemui usai mendampingi tim dari Kodam V,Brawijaya, Selasa, 3 Agustus 2021.

Menurut Dandim, bagi pasien Covid OTG atau Orang Dengan Tanpa Gejala, sebaiknya tidak melakukan isolasi mandiri di rumah, karena Satgas telah menyediakan tempat isolasi terpadu. Selain dilengkapi petugas medis, di tempat isolasi terpadu juga disiapkan kebutuhannya sehari-hari.

BACA JUGA :  Kunjungan Wapres KH. Ma’ruf Amin ke Pondok Pesantren Sukorejo Terapkan Prokes Ketat

“Kalau kesehatan pasien memburuk akan diketahui dan langsung bisa mendapat perawatan medis lanjutan. Jangan sampai pasien baru dirujuk ke rumah sakit sudah dalam keadaan parah,” terangnya.

Pemindahan pasien Isoman ke tempat Isoter akan dilakukan bertahap. Selain menjadikan wisma Baluran menjadi tempat isolasi terpadu, Satgas juga menyiapkan eks Kejaksaan Negeri dan hotel sidomuncul 2 pasir putih, menjadi tempat isolasi terpadu.

“Ini langkah antisipasi kalau sewaktu-waktu tempat yang ada sudah penuh. Tapi, mudah-mudahan tidak sampai penuh karena pasien sudah sembuh semua. Hari ini ada empat pasien menempati isoter,” katanya.

Reporter: Zaini Zain