Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Bisa Diperbarui Sebulan Sekali

0
201
Bhasafm
Rakor: Koordinarot PKH Kabupaten Situbondo, Agus Ary Cahyadi saat memberikan sambutan terkait validitas DTSK di Situbondo ( foto: Zaini Zain )

Situbondo- Gagasan Bupati Karna Suswandi menggandeng pendamping PKH melakukan validasi data warga miskin dinilai sudah tepat. Sebab menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akan mendukung program pengentasan kemiskinan, mengingat data kemiskinan bisa diperbarui setiap bulan.

Koordinator PKH Kabupaten Situbondo, Agus Ary Cahyadi,  mengatakan, gagasan Bupati Situbondo yang melibatkan pendamping PKH dalam validasi DTKS sudah tepat, mengingat pendamping PKH sangat memahami status sosial di masyarakat.

“Gagasan ini sangat bagus, karena nantinya hasil validasi DTKS disempurnakan oleh teman-teman pendamping PKH,” ujarnya, ditemui usai rakor PKH bersama Bupati Situbondo, di pendopo Kabupaten, Jum’at, 12 Maret 2021.

BACA JUGA :  Pemkab Situbondo Masih Evaluasi Untuk Membuka Lokasi Wisata

Agus Ary menambahkan, selama ini banyak pendamping PKH di tingkat desa dikomplain masyarakat, karena mereka tak menerima bantuan sosial.

Menurut Agus Ary, validasi DTKS kedepan diharapkan akan lebih baik, karena pendamping PKH bisa memberi masukan ke pihak desa. Sesuai mekanisme. Validasi DTKS tetap melalui musyawarah desa. Selanjutnya data diterima kabupaten kemudian dikeluarkan SK setiap bulan.

“Validasi data warga miskin itu bisa diperbarui  setiap bulan. Dengan begitu, kalau ada warga miskin tak terdata sebelumnya masih bisa terakomodir pemberbaruan data,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain