Debut Melalui Single Mutiara

0
82

Rahardja, merupakan grup band asal kota Bandung, yang akan memperkenalkan diri melalui single perdananya, Mutiara, dan akan dirilis pada hari Jumat, tanggal 29 Desember 2023 mendatang. Rahardja mengusung formasi klasik layaknya 4- 4-2 pada sebuah tim sepakbola, yakni digawangi oleh 4 (empat) personil.

Pada posisi frontman alias vokal dan gitar, diisi oleh Zufari Firdjatullah. Kemudian pada posisi gitar, digawangi oleh Indinagoro Satriajati beserta Mugni Gustian, dan untuk posisi bass sendiri diisi oleh Jauza Muhamad.

Nama Rahardja sendiri, pada awalnya merupakan celotehan yang dilemparkan oleh sang gitaris, Indinagoro Satriajati, pada grup Whatsapp personil. “Ramadhan teu kahaja”, imbuh Indinagoro Satriajati pada grup Whatsapp tersebut. Karena entah kebetulan, proses pembuatan band dan single pertama, dimulai saat bulan ramadhan tahun 2023 lalu.

Entah kebetulan lagi, setelah ditelisik melalui google, Rahardja menurut bahasa sansakerta memiliki arti bahagia atau kebahagiaan. Sehingga tanpa pikir panjang, para personil mengukuhkan Rahardja sebagai nama project atau band.

Untuk single Mutiara sendiri, secara garis besar, genre yang akan diusung adalah pop. Dari musik sendiri, terasa sangat kental aroma city pop 80’s, diselingi dengan beat-beat progressive yang membuat drummer harus menghitung ketukan, namun tetap sopan untuk telinga.

Single Mutiara ini menceritakan tentang keresahan dan rasa muak seseorang terhadap petuah-petuah normatif mengenai kehidupan, dikala dalam kondisi yang tidak stabil.

Rahardja sendiri dinaungi oleh label indie, Benua Biru. Selain itu, terdapat sosok musisi legendaris Mochamad “Noey” Noerwana sebagai executive producer, yang pernah memproduseri musisi top tanah air, mulai dari Noah, Nidji, D’Masiv dan musisi lainnya.