Dini Angga Maharani, Satu-Satunya Perempuan Jadi Pelatih Hockey Putra

0
66
bhasafm
Angga Dini Maharani, pelatih tim hockey putra Banyuwangi (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Kalau laki-laki jadi pelatih atlet perempuan itu sudah biasa, tapi kalau perempuan menjadi pelatih atlet laki-laki mungkin baru luar biasa. Perempuan luar biasa itu bernama Dini Angga Maharani, seorang guru olahraga di SMK Banyuwangi yang kini jadi pelatih tim hockey putra Kabupaten Banyuwangi.

Meski perempuan identik dengan kelembutan,  Dini terlihat sangat garang saat memimpin timnya dari pinggir lapangan. Tak jarang, ia harus berteriak-teriak melihat formasi timnya digempur lawan.

bhasafm
Dini Angga Maharani saat memimpin tim hockey putra Kabupaten Banyuwangi dari pinggir lapangan di Stadioan gelora Muhammad Saleh Situbondo (Foto oleh Zaini Zain)

Saat laga terakhir melawan tim hockey Gresik di Stadion Gelora Muhammad Saleh, Rabu kemarin,  tim hockey Banyuwangi bermain bagus dan berhasil menahan imbang tim hockey Gresik dengan kosong-kosong.  Permainan taktis dan solid yang diperagakan tim hockey Banyuwangi, mengandaskan tim hockey Gresik merebut medali emas. Sebab, kalau Gresik menang melawan Banyuwangi dipastikan akan menggeser posisi Kabupaten Malang dari puncak kelasemen.

Menurut Dini Angga Maharani, dirinya sangat puas melihat penampilan anak asuhnya di laga terakhir melawan Gresik.  Tim asuhannya itu sudah menemukan performa terbaiknya selama pertandingan.

“Kami puas dengan penampilan tim kami. Anak-anak sudah menemukan performanya setelah tiga kali kalah dari tim Malang, Surabaya dan Mojokerto,” ujarnya, Rabu, 29 Juni 2019.

BACA JUGA :  PCNU Situbondo Gelar Lomba Karya Ilmiah Bagi Akademisi dan Konten Videografi Bagi Generasi Millenial

Dini menambahkan, tim hockey Banyuwangi masih terbilang belia dibandingkan tim lainnya, karena baru terbentuk sejak 2015 silam. Ia mengaku mulai menjadi juru taktik tim hockey putra Banyuwangi sejak 2019. Dini mengaku tertarik dengan permainan hockey karena permainannya yang rumit.

Meski mirip permainan sepak bola,  permainan hockey lebih menantang karena menggunakan bola kecil dan menggunakan stik. Permainan hockey merupakan olahraga modern yang mulai banyak diminati.

“Saya bukan pemain hockey tapi saya guru olahraga. Jadi awalnya tertarik saja menjadi pelatih hokey hingga mengikuti kursus kepelatihan,” ujar wanita berhijab asal Kelurahan Balenan, Banyuwangi.

Dini mengatakan, menjadi pelatih tim hockey putra tentu tidaklah mudah. Sebagai seorang wanita dirinya harus bersikap tegas dan penyabar sekaligus.  Sebagai pelatih yang sudah memiliki lisensi kepelatihan level III, Dini mengaku optimis akan bisa mengembangkan atlet hockey Banyuwangi.

“Alhamdulillah, keluarga memahami profesi saya. Saya juga bisa membagi waktu untuk keluarga dan tim hockey kami,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain