Dinsos Kesulitan Tertibkan ODGJ Berkeliaran di Jalanan

0
190
BhasaFM
Dinsos mengamankan ODJG d ruangan Shelter (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Sosial Pemkab Situbondo kesulitan menertibkan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), yang benyak berkeliaran di jalanan. Meski ada beberapa yang sudah diamankan, namun masih ada saja ODGJ berkeliaran.

Dinsos biasanya mengamankan ODGJ yang dilaporkan masyarakat karena dinilai meresahkan . Dinsos memiliki ruangan shalter untuk menampung ODGJ maupun gelandangan.

Menurut Kepala Dinas Sosial Situbondo, Abu Bakar Abdi, pihaknya memang kesulitan menertibkan ODGJ di jalanan, karena mereka tidak jelas asal usulnya.

Abu Bakar mengaku, mobilitas ODGJ di jalanan cukup tinggi seperti datang silih berganti. Meski ada beberapa yang diamankan, namun keberadaan ODGJ selalu ada  di jalanan. Saat ini Dinsos masih menampung empat ODGJ, untuk dikirim ke Liposos milik Pemprov Jawa Timur.

BACA JUGA :  Lima ASN Dipecat, Sembilan ASN Diberi Sanksi Disiplin Kenaikan Pangkat

Abu Bakar menambahkan, para ODGJ yang berkeliaran di jalanan, umumnya berasal dari luar daerah. Itu bisa dilihat dari berbicaranya yang umumnya bukan warga Situbondo. Untuk ODGJ yang berasal dari Situbondo, akan menjalani pengobatan medis di Puskesmas Mlandingan, sebagai rumah sakit rujukan bagi ODGJ di Situbondo.