25 C
Situbondo
Sabtu, Oktober 1, 2022

Disidak Polisi Lokasi Tambang Mendadak Sepi

Situbondo- Polres Situbondo dan Pemkab melakukan inspeksi mendadak ke lokasi pertambangan, mengingat banyaknya pengaduan adanya aktivitas tambang ilegal. Sayangnya, saat melakukan sidak lokasi tambang sedang sepi, padahal sehari sebelumnya masih ada aktivitas pertambangan.

Setidaknya, sudah ada tujuh lokasi pertambangan ilegal diadukan ke Mapolres Situbondo. Keberadaan tambang yang disinyalir belum mengantongi perizinan tersebut dinilai akan merusak lingkungan.  Selain itu, keberadaan tambang ilegal juga merugikan keuangan negara karena tak membayar pajak.

Menurut Kasat Reskrim Polres Situbondo, AKP Dedhi Ardy, pihaknya bersama Pemkab mengecek langsung lokasi tambang, karena menerima pengaduan masyarakat adanya aktivitas pertambangan yang disinyalir ilegal.

“Sidak ini berdasarkan pengaduan dari masyarakat, dan juga sebagai upaya mengantisipasi potensi konflik sosial,” katanya, saat ditemui di lokasi tambang jalan tembus Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan.

BACA JUGA :  Jadi Pelabuhan Bertaraf Nasional, Komisi III DPRD Situbondo Nilai Pelabuhan Jangkar Potensi PAD

Dijelaskan, pihaknya akan mengecek seluruh perizinan tambang di Situbondo, karena sejauh ini tidak pernah ada publikasi lokasi mana saja pertambangan yang sudah berizin atau tidak berizin.

“Nantinya data ini akan disampaikan kepada masyarakat secara utuh,,” ujarnya.

Kasat Reskrim berjanji akan menindak secara hukum kalau ditemukan adanya tambang ilegal. Penindakan terhadap pertambangan itu tentu harus sesuai rekomendasi pemerintah daerah atau dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang berwenang.

BACA JUGA :  Tengah Malam Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan

“Penegakan hukum dilakukan setelah ada rekomendasi dinas terkait dan sudah melalui teguran namun tak diindahkan,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,508PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles