Dosen Al Azhar Mesir Puji Lomba Tahfidz Junior di Situbondo

0
174
bhasafm
Syekh Ridho Abdullah Muhammad Azab saat foto bareng pemenang tahfidz junior di PT Radio Bhasa FM (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Dosen Universitas Al Azhar Kairo Mesir, Syekh Ridho Abdullah Muhammad Azab, menghadiri grand final lomba tahfidz juz Amma khusus siswa SD,MI, Sabtu malam. Lomba tahfidz junior yang digelar PT Radio Bhasa itu memperebutkan piala pengasuh pondok pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy.

Syekh Ridho yang kini sedang diperbantukan Universitas Al Azhar untuk mengajar di Ma’had Aly Ponpes Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, juga menjadi penanya bagi tiga orang finalis yang sedang berlomba.

Syekh Ridho memuji penampilan para tahfidz junior itu, karena di usinya yang masih belia sudah mau jadi penghafal Al-Qur’an.  Syekh Ridho meminta agar para orang tua terus mendorong anak-anaknya menjadi hafidz atau penghafal Al’Qur’an, agar kelak akan dapat membahagikannya di akhirat.

“Para orang tua harus bangga anak-anaknya jadi penghafal Qur’an, karena kelak mereka-mereka ini yang akan membahagikannya di akhirat,” ujarnya melalui bahasa Arab.

Syekh Ridho menyarankan, agar para tahfidz junior itu lebih giat lagi menghafal Al-Qur’an, serta terus belajar ilmu tajwid untuk menyempurnakan bacaan Al-Qur’an dengan fasih dan benar.

BACA JUGA :  PCNU Situbondo Gelar Lomba Karya Ilmiah Bagi Akademisi dan Konten Videografi Bagi Generasi Millenial

“Harus terus belajar terutama memperbaiki makhrajal hurufnya. Kami sangat bangga kepada anak-anak ini karena semangat jadi penghafal Al-Qur’an,” tuturnya.

Sementara itu, setelah ketiga finalis melalui persaingan ketat, akhirnya dewan juri memutuskan juara I diraih Natasha Vika Asshufa dari PIO Ibrahimy Situbondo. Juara II diraih oleh Nadiatul Fitria dari Rumah Tahfidz Asshabul Qur’an Sumberejo, serta juara III diraih Muhammad Faiz Abdillah, dari MI Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo.

Sedangkan juara favorit diraih oleh Gaitsa Zean Syarif dari SDN 1 Gudang Asembagus. Ia memperoleh like terbanyak dari viewers Youtube Bhasa FM. Selain mendapat tropi, para pemenang juga mendapat sertifikat dan uang pembinaan.

“Lomba tahfidz Junior ini rutin digelar setiap tahun tepatnya saat bulan puasa melalui program sinar Ramadhan. Ini perlombaan tahun ke 4 memperebutkan piala pengasuh pondok pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy,” kata Direktur PT Radio Bhasa FM, Fajriyatul Fitri.

Reporter: Zaini Zain