23.4 C
Situbondo
Sabtu, Juli 20, 2024

DPKP Melakukan Uji Laboratorium Terhadap Temuan Pupuk NPK Yang Mengeras Seperti Batu

Situbondo, bhasafm.co.id- Saat ini tengah ramai diperbincangkan warganet mengenai pupuk NPK yang diduga merupakan pupuk oplosan di kios resmi di Kecamatan Bungatan.

Muhammad Zaini, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanaan Pangan (DPKP) Kabupaten Situbondo mengatakan pihaknya telah mendatangi rumah petani tersebut. Dan membenarkan temuan ini.

Ia melanjutkan bahwa pupuk NPK itu sudah sebagian disebar ke tanaman dan sisa bahannya yang mengeras seperti batu diamankan oleh pihaknya guna diuji laboratorium.

Pupuk yang mengeras seperti batu ini juga belum tentu pupuk palsu. Karena sifat pupuk NPK yang higroskopis atau zat yang memiliki kemampuan menyerap molekul air dari lingkungannya. Maka dari itu ia menghimbau untuk menunggu hasil laboratorium terlebih dahulu.

Ia juga menyampaikan jika hasil laboratorium sudah keluar maka pihaknya dapat mengambil kesimpulan, jika pupuk benar itu pupuk oplosan akan ditindak lanjuti. Namun apabila bukan maka cara penanganan pupuknya yang salah sehingga mengeras.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles