Tren Penyebaran Covid di Situbondo Mulai Stagnan

0
Bhasafm
Update data penyebaran Covid-19 di Situbondo tanggal 17 April 2020

Situbondo- Jumlah pasien positif Corona di Situbondo mulai menunjukan tren membaik. Penyebaran virus Covid masih tetap stagnan di angka 11 orang. Selama tiga hari ini, tidak ada angka penambahan jumlah pasien positif.

Saat ini jumlah ODP berjumlah 264 orang, terdiri dari 11 orang rawat inap, 107 isolasi mandiri, serta 166 selesai pemantauan. Penyebaran ODP tertinggi masih tetap di Kecamatan Panji yaitu 35 orang. Kecamatan Mlandingan 27 orang. Sedangkan ODP  di Kecamatan Kendit dan Banyuputih masing-masing berjumlah 26 dan 25 orang.

Jumlah  PDP masih 22 orang, terdiri dari Sembilan rawat inap, 11 orang isolasi mandiri, serta dua orang PDP sudah dinyatakan sembuh. Begitu pula dengan 11 pasien terkonfirmasi positif. Sebanyak 6 orang dilaporkan sembuh,  tiga orang isolasi mandiri serta dua pasien masih rawat inap.

BACA JUGA :  Kunker Bu Gubernur

Sebelumnya, Direktur RSUD Abrdoer Rahem Situbondo, Tony Wahyudi, mengaku ada 218 petugas medis terlibat pengobatan pasien virus Covid-19. Para tenaga medis tersebut bergantian menangani pasien setiap harinya.

Tony menjelaskan, ratusan petugas medis yang terlibat itu memiliki peran dan fungsi masing-masing, mulai dari screening hingga pengobatan di ruang isolasi. Menurutnya, ratusan petugas medis telah diajukan mendapatkan insentif khusus.

Tony menambahkan, untuk satu bulan kedepan APD atau Alat Pelindung Diri petugas medis masih cukup. Saat ini masih tersedia 1. 300 APD untuk petugas medis yang menangani pasien Corona.