Gaji Dinaikan Setara PNS, Jabatan Perangkat Desa Mulai Jadi Rebutan

0
264

Situbondo- Jabatan perangkat desa sepertinya akan jadi jabatan menggiyurkan. Saat ini jabatan perangkat mulai diperebutkan, menyusul keputusan Presiden Joko Widodo yang menaikan gaji perangkat desa setara Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Di Desa Silomukti, Kecamatan Mlandingan, pendaftar perangkat hingga mencapai 27 orang. Sebanyak 27 pendaftar tersebut hanya memperebutkan dua posisi yang cukup lama kosong, yaitu Sekretaris Desa  dan satu Kepala Dusun.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Situbondo, Yogie Kripsian Sah, bisa jadi membeludaknya pendaftar perangkat desa di Desa Silomukti, memang ada hubungannya dengan adanya keputusan Presiden tersebut.

Yogie mengakui, proses rekrutmen perangkat desa di Desa Silomukti memang sempat molor, karena ada beberapa persoalan di desa yang harus diselesaikan. “Selan itu, juga ada perubahan SOTK atau Susunan Organisasi Tata Kerja yang harus disesuaikan, seperti ulu-ulu air kini berubah jadi Kasie Kesra, serta Kaur Pemerintaha Desa berubah jadi Kasie”,lanjut Yogie.

Yogie menambahkan, “SK pengangkatan perangkat sepenuhnya jadi kewenangan Kepala Desa”. Meski demikian, pengangkatan perangkat harus tetap mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup),  “salah satunya harus melalui penjaringan secara transparan” tambah Yogie.