Gema Sholawat Sambuat Kedatangan Bupati Karna Suswandi Dari Tanah Suci Makkah

0
66
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi beserta istri menemui tamu di pendopo Kabupaten, Selasa, 19 Juli 2022 (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama istri Ny. Hj. Jumaati sudah tiba di Kabupaten Situbondo, Selasa kemarin, setelah 30 hari menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah.

Kedatangan Bupati sudah ditunggu para pejabat dan masyarakat sejak pagi di Pendopo Kabupaten. Begitu turun dari mobil, gema shalawat menggema menyambut kedatangan Bupati Karna Suswandi bersama istri. Sejumlah Kiai dan tokoh masyarakat juga turut menyambut orang nomer satu di Kabupaten Situbondo tersebut.

Bupati Karna Suswandi bersama istri kemudian menemui para tamu di pendopo Kabupaten. Bupati menceritakan perjalanan spiritualnya selama berada di tanah suci Makkah dan Madinah.

Selama di tanah suci Makkah Bupati mengaku tinggal di salah satu hotel berjarak sekitar 150 meter dari Masjidil Haram, sehingga sangat memudahkan Bupati bersama rombongan menunaikan shalat di Masjidil Haram.

“Saat pertama sampai Mekkah, selama seminggu sangat sepi sekali sehingga kami leluasa berada di sana. Bisa di depan Multazam, ke Makam Nabi Ibrahim, dan lainnya,” Selasa, 19 juli 2022.

Menurut Karna Suswandi, sesampainya di Makkah, rombongan jamaah KBIHU Hafas yang diketuai Ny. Hj. Juwairiyah Fawaid leluasa menjalankan rangkaian ibadah, karena belum banyak jamaah haji lain dari berbagai belahan dunia yang datang.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Pimpin Tradisi Siram Bunga Sambut Anggota Polisi Baru

Selama 30 hari di Mekkah, jadwal ke Madinah habis. Namun rombongan jamaah meminta tambahan waktu lima hari untuk ke Madinah agar perjalanan ibadah haji lebih sempurna.

“Menunggu ibadah haji sampai 30 hari sehingga jadwal kami habis di sana. Tapi, teman-teman sepakat menambah lima hari di sana,” katanya.

Bupati mengaku selama di Mekkah ibadah di Masjidil Haram dilakukan mulai pukul 02.00 hingga 08.00 waktu setempat, karena jika siang hari hingga masuk shalat Ashar cuaca sangat panas mencapai 48 derajat Celcius.

“Jadi, dari pagi sampai siang hingga Ashar, saya shalat di hotel. Tapi, mulai pukul 02.00 dini hari sampai tiba waktu Dhuha, saya shalat di Masjidil Haram,” pungkasnya.

 

Menurutnya, setiap malam Jumat, rombongan Bupati Karna Suswandi melaksanakan istighatsah, selanjutnya jamaah mengevaluasi kegiatan ibadah yang dipandu langsung Ny. Hj. Juwairiyah Fawaid. Evaluasi dilakukan agar semua ibadah yang dilakukan berjalan dengan lancar dan sesuai rukun ibadah haji.

“Alhamdulillah, ibadah haji kami berjalan lancar. Kami melaksanakan ibadah umrah sebanyak enam kali. Wuquf di Arafah pun berjalan lancar,” pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain