Hanya Sumbermalang dan Jatibanteng Zona Kuning Penyebaran Corona

0
87
bhasafm
Patuhi Protokol Kesehatan ( foto : Zaini Zain )

Situbondo- Penularan virus Corona di Situbondo masih mengancam. Dari 17 Kecamatan yang ada hanya dua Kecamatan masuk zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19, yaitu Kecamatan Sumbermalang dan Jatibanteng.

Jumlah pasien Covid di dua Kecamatan tersebut sudah tidak ada. Di Kecamatan Jatibanteng tercatat 40 pasien positif Covid, sebanyak 39 pasien sudah sembuh serta satu meninggal. Sedangkan di Kecamatan Sumbermalang ada 19 pasien positif dan semuanya sudah sembuh.

Juru bicara Satgas Covid-19, Dadang Aries Bintoro, mengatakan, saat ini masih ada lima Kecamatan berstatus zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid, yaitu Kecamatan Besuki, Panarukan, Situbondo, Panji dan Asembagus.

“Zona merah sudah bekurang dari sebelumnya tujuh Kecamatan. Untuk zona oranye atau risiko sedang penyebaran Covid yaitu di 10 Kecamatan,” ujarnya, Kamis, 4 Januari 2021.

Dadang menambahkan, data terbaru ada dua lagi pasien Covid meninggal dunia. Semuanya berasal dari Kecamatan zona merah yaitu Kecamatan Situbondo dan Panji. Didua kecamatan itu pula jumlah sebaran pasien Covid tertinggi sekaligus jumlah pasien meninggal dunia.

BACA JUGA :  Sempat Dikabarkan Hilang, Nelayan Asal Jangkar Ditemukan Terombang Ambing di Selat Madura

Menurut Dadang, saat ini jumlah total pasien Covid sebanyak 2.212 pasien. Dari jumlah tersebut sebaran di Kecamatan Situbondo paling tinggi sebanyak 445 pasien dengan jumlah pasien meninggal 32 orang. Selanjutnya, Kecamatan Panji sebaran pasien positif sebanyak 392 dengan jumlah pasien meninggal cukup tinggi yaitu 34 orang.

“Dari 2.212 jumlah total pasien Covid sebanyak 1.983 sembuh dan 162 meninggal dunia. Jumlah itu sudah termasuk tambahan dua pasien yang baru meninggal dunia itu,” terangnya.

Dadang menjelaskan, saat ini masih ada 67 pasien masih dalam perawatan medis, terdiri dari 32 pasien dirawat di rumah sakit. 33 pasien isolasi mandiri dan dua pasien di isolasi di pusat karantina.

“Himbauannya, iya masyarakat harus patuh protokol kesehatan. Karena pencegahan Covid yang utama harus dilakukan dari diri sendiri,” pungkasnya.

Reporter : Zaini Zain