Haul Masyayikh dan Malam Pergantian Tahun Masehi

0
105
bhasafm
kh.assyadili memberikan ceramah agama ke nq

Situbondo-Pengurus asrama menggelar peringatan haul masyayikh ponpes Sukorejo .Kegiatan ini menjadi sangat istimewa dengan kehadiran menantu pemangku asrama NQ (Nurul Qoni’)yaitu nyai hajjah uswatun hasanah dan kyai haji hasan asy syadilli  biasa dipanggil lora hasan . kehadirannya sekaligus berkenan memberikan ceramah agama .

Kegiatan ini digelar pada hari kamis tanggal 31 desember 2020 , yaitu mulai ba’da sholat isya’ hingga selesai , berbarengan dengan malam pergantian tahun masehi  2020 menjadi 2021 . sehingga menjadi solusi agar santri tidak memperingati dan merayakan pergantian tahun baru masehi yang merupakan larangan keras dari ponpes Sukorejo .

bhasafm
Santri NQ putra tertib mengikuti kegiatan yang dihadiri oleh KH. Hasan Asy Syadili

Lora hasan dalam ceramahnya mengungkapkan , bahwa santri hendaknya selalu menata hati menata niat mondok ke ponpes Sukorejo , yaitu monduk entar ngabdi ben ngaji (mondok untuk mengabdi terus mengaji) . Ia juga menambahkan , bahwa memberikan nasehat dengan bercerita berbeda dengan memberikan nasehat untuk cerita . 

BACA JUGA :  Buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik Rokok Akan Terima Bantuan Rp 900 Ribu

Lora hasan juga mengungkapkan tentang perbedaan santri dahulu dengan sekarang .Santri dahulu itu sedikit makan sedikit tidur , kalo santri sekarang sedikit sedikit makan , sedikit sedikit tidur .Ia menambahkan santri hendaknya membangun , menjaga sabar tetap kokoh ketika masih aktif mondok di ponpes Sukorejo .Santri hendaknya juga selalu taat patuh pada peraturan ponpes Sukorejo , yang merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan ilmu yang barokah .