Hujan Lebat Genangan Air Terjadi Dimana-Mana

0
98
bhasafm
Jalan penghubung antar dusun tergerus luapan air sungai di Desa Demung, Kecamatan Besuki ( foto : Zaini Zain )

Situbondo-Hujan lebat beberapa hari terakhir ini menyebabkan sejumlah daerah tergenang air. Umumnya, air meluber dari aliran sungai karena tak bisa menampung debit air. Ada pula genangan air terjadi akibat tidak berfungsinya saluran drainase jalan.

Tidak hanya itu,  hujan lebat juga menyebabkan beberapa pohon tumbang serta jalan berlubang di sejumlah ruas jalan pantura dan beberapa akses jalan desa. Salah satunya terjadi di jalan Dusun Ketah, Blok Tanjung RT 01 RW 01, Desa Demung, Kecamatan Besuki.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, debit air sungai yang besar menyebabkan jalan penghubung antar dusun itu tergerus hingga sekitar 50 meter dengan lebar tiga meter.

BACA JUGA :  Pemkab Kembali Salurkan 13.600 Paket Sembako

“Jalan yang tergerus itu berada di pertemuan tiga sungai menuju muara laut, yaitu yaitu sungai Mojodungkol, sungai Bales dan sungai Deluwang,” ujarnya.

Puriyono menambahkan, sebelumnya, jalan antar dusun tersebut memang hanya bisa dilewati kendaraan sepeda motor. Saat ini jalan tak bisa dilewati lagi sejak tergerus akibat hujan lebat dan air sungai meluap.

“Kami tetap mengimbau masyarakat berhati-hati saat turun hujan disertai angin kencang,” ujarnya.

Reporter : Zaini Zain