Soroti Tahun Kunjungan Wisata, Anggota Dewan Minta Bupati Ganti Kepala Dinas Dengan Kinerja Buruk

0
BhasaFM
Ketua DPC PDI Perjuangan Situbondo Narwiyoto (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo telah menetapkan tahun 2019 menjadi tahun kunjungan wisata. Hingga memasuki pertengahan tahun, tahun kunjungan wisata seperti layu sebelum berkembang.

Beberapa pembangunan kawasan destinasi baru terkesan hanya jadi pajangan, karena belum jadi ada peningkatan pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Padahal Pemkab mempersiapkan tahun kunjungan wisata cukup lama. Anggaran miliaran rupiah diproyeksikan menyambut tahun kunjungan wisata. Ironisnya, objek wisata pasir putih yang menjadi salah satu kawasan wisata terfavorit malah terancam gulung tikar.

Menurut Anggota DPRD Situbondo, Narwiyoto, dirinya belum melihat dampak apapun dari tahun kunjungan wisata. Tak hanya berdampak terhadap menggeliatnya perekonomian masyarakat, namun belum  juga berpengaruh terhadap peningkatan PAD atau Pendapatan Asli Daerah.

Narwiyoto menambahkan, seharusnya PAD dari sektor kepariwisataan di tahun kunjungan wisata akan semakin meningkat. Kenyataannya Perusda Pasir Putih hanya bisa menyumbang PAD 15 juta untuk APBD 2019.

Selain menyoroti tahun kunjungan wisata, Narwiyoto yang juga Ketua DPC PDIP Perjuangan Situbondo, meminta Bupati Dadang Wigiarto mengevaluasi kinerja DPPKAD, yang beberapa tahun terakhir ini gagal menyelesaikan masalah piutang pajak.

Narwiyoto juga melihat kinerja Dinas penanam modal stagnan. Hingga saat ini belum ada investasi dari luar masuk ke Situbondo. Penanaman modal hanya dilakukan permanen dari kekayaan daerah yang dipisahkan.

Oleh karena itu, Narwiyoto mengaku pihaknya meragukan hasil WTP dari BPK, karena masih banyak ditemukan adanya penyimpangan keuangan. Narwiyoto meminta Bupati mengevaluasi kinerja Kepala OPD. Jika kinerjanya buruk segera diganti dengan pejabat yang lebih mumpuni, pejabat yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.