Santri MQ Darul Kutub Menghadiri Bahtsul Masa’il Nasional

0
BhasaFM
Santri MQ darul kutub Bahtsul Masa'il (Foto: Reporter Dakwah)

Sukorejo-Santri MQ darul kutub adalah harapan sekaligus kebanggaan almarhum almaghfurlah kyai haji Muzakki Ridlwan. Hal ini pernah disampaikan oleh kyai haji Afifuddin Muhajir pada acara memperingati 100 hari wafatnya kyai haji Muzakki Ridlwan di musholla MQ putra beberapa saat yang lalu.

Pada hari Sabtu tanggal 25 Januari 2020 pukul 07.30, empat orang santri MQ darul kutub bersama empat orang santri Madrasah I’dadiyah, bergabung dengan santri Ma’hadul Aly berangkat memenuhi undangan bahtsul masa’il di Ponpes Nurul Qornain Sukowono Jember. Ustadz Nur Shoddiq yang menjadi koordinator bagi santri MQ darul kutub.

Santri MQ darul kutub memang disiapkan untuk mendapatkan modal keilmuan kitab kuning sebagai bekal untuk pendaftaran menjadi santri Ma’hadul Aly Ponpes Sukorejo. Setiap tahun santri MQ darul kutub yang diterima di Ma’hadul Aly mencapai 50 % lebih. Sehingga santri yang berminat mendalami kitab kuning di MQ darul kutub selalu bertambah tiap tahunnya.

Ustadz Nur Shoddiq menuturkan, bahwa mengikuti kegiatan bahtsul masa’il merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM santri MQ darul kutub. Apalagi bahtsul masa’il yang diikuti bertaraf nasional, tentunya akan bertemu dengan pakar bahtsul masa’il yang lebih mumpuni.