Asrama Darul Kutub Gelar Diskusi Bulanan

0
BhasaFM
Diskusi bersama (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- Asrama darul kutub yang merupakan bagian asrama ma’hadul qur’an, mempunyai kegiatan rutin setiap bulan, memilih hari Rabu malam pkl. 22.30. Asrama darul kutub yang dimaksud adalah, MQ 11, MQ 12, MQ 13, MQ 14, MQ 15, dan MQ 16. Kegiatan rutin yang dimaksud adalah mengadakan diskusi bareng di musholla ma’hadul qur’an putra. Tema yang diambil dalam diskusi adalah menumbuh kembangkan keilmuan dalam bidang kitab kuning bagi asrama darul kutub.

Diskusi bulan ini merupakan diskusi bersama yang ketiga kalinya. Dalam kegiatan diskusi ini, kitab yang menjadi pembahasan adalah kitab fathul qorib, karangan syaikh ibnu qosib al-ghizhi). Namun tetap mengambil beberapa referensi dari kitab-kitab lain sebagai bahan pengembanganya.

BhasaFM
Salah satu peserta penyanggah jawaban narasumber (foto: Reporter Dakwah)

Ust kasnurullah, selaku ketua panitia sekaligus muallim darul kutub menyampaikan, bahwa diskusi ini merupakan acara rutinitas darul kutub setiap satu bulan sekali, yang harus diadakan oleh asrama darul kutub. Diskusi ini bukan hanya akan menjadi bahan pembelajaran saja, namun menjadi penting untuk mengasah kemampuan. Kemampuan dan ketelitian santri darul kutub akan lebih teruji dengan forum diskusi bulanan seperti ini.

Kegiatan Diskusi ini ditutup pukul 24.00. Rangkaian penutupan diawali dengan pembacaan kesimpulan hasil diskusi, evaluasi proses diskusi, dan do’a bersama. kesimpulan diskusi ini akan menjadi catatan dan bahan evaluasi proses belajar mengajar asrama darul kutub.