Berkunjung ke Sukorejo, Mahfud MD Bicara Agama dan Negara, Azwar Anas Bicara Tentang Teknologi Jaman Now

0
Prof. Mahfud MD menyampaikan orasi ilmiah acara stadium general di Universitas Ibrahimy Sukorejo (22/2) (Foto:Zaini Zain)

Situbondo– Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof. DR. Mahfud MD berkunjung ke Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, malam kemarin (22/2). Selain Mahfud MD, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga berkunjung ke Sukorejo.

Mahfud MD dan Azwar Anas menyampaikan orasi ilmiah dalam acara  Stadium General di depan para dosen dan mahasiswa Universitas Ibrahimy. Mahfud MD berbicara tentang Agama dan Negara, sedangkan Abdullah Azwar Anas berbicara tentang teknologi jaman now.

Menurut Mahfud  MD, kehadiran negara tanpa nilai-nilai dan substansi ajaran agama tidak akan efektif. Mengutip pernyataan Imam Al-Ghazali, Mahfud MD menyatakan bahwa negara dan agama adalah dua saudara kembar. Agama menjadi asas, sedangkan negara merupakan instrumen menjaga dan mengawal nilai-nilai agama bisa ditegakkan.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengajak para santri dan mahasiswa Universitas Ibrahimy Sukorejo, untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi menyampaikan dakwah maupun pengembangan ekonomi. Azwar Anas mencontohkan da’i Ustadz Abdus Shomad terkenal bukan melalui media televisi, melainkan memanfaatkan teknologi jaman now yaitu melalui media youtube.

Di sektor ekonomi, Azwar Anas mencontohkan keperkasaan Go-Jek yang mampu mengalahkan Perusahaan penerbangan Garuda. Menurut Anas, Perusahaan Garuda memiliki ratusan pesawat terbang, namun dari segi value ekonomi dikalahkan  perusahaan berbasis online Go-Jek. Go-Jek tak memiliki sarana angkutan sama sekali, namun hanya memanfaatkan aplikasi online bisa mempekerjakan ribuan pemilik sepeda motor dan mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.