Evaluasi Massal MQ Tahfidz Putri

0

Situbondo- Kegiatan rutin tahunan menjelang ujian kenaikan kelas, yaitu evaluasi massal di MQ tahfidz putri berlangsung dengan tertib, dan lancar. Ada lima ustadzah senior yang menjadi pembina di MQ tahfidz putri. Pertama, ustadzah Mus’ifah yang merupakan wisudawati fakultas dakwah prodi KPI tahun 2002. Kedua ustadzah Zainiyah yang merupakan wisudawati fakultas syari’ah prodi muamalah tahun 2011. Ketiga ustadzah Aslamita Hasanah yang merupakan wisudawati fakultas tarbiyah prodi PAI tahun 2011. Keempat ustadzah Nurhayati yang merupakan wisudawati fakultas dakwah prodi BPI tahun 2018. Kelima ustadzah Sofwatul Fuadah yang merupakan wisudawati fakultas tarbiyah prodi bahasa arab tahun 2016.

Santri MQ tahfidz baik putra maupun putri mempunyai kewajiban untuk setoran hafalan setiap harinya. Namun jumlah setoran hafalan wajib disesuaikan dengan lamanya waktu masuk di MQ tahfidz. Dalam satu tahun harus memiliki setoran hafalan minimal 7 juz. Dalam dua tahun harus memiliki setoran hafalan minimal 14 juz. Dalam tiga tahun harus memiliki setoran hafalan minimal 21 juz. Kemudian jumlah setoran itu akan di evaluasi massal untuk mengetahui kualitas hafalannya.

Ustadzah Nurhayati menuturkan, bahwa evaluasi massal ini bertujuan untuk mengasah, dan menguatkan hafalan santri MQ tahfidz. Namun evaluasi massal disesuaikan dengan target kelas yang harus dicapai. Evaluasi massal sangat penting untuk mengevaluasi kualitas hafalan sekaligus bacaan santri MQ tahfidz.