Fakultas Dakwah Menggelar Ujian Munaqasah Tahap 2

0
BhasaFM
Ujian Munaqasah tahap 2 (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- Sabtu 14 September 2019 sampai dengan Senin 16 September 2019, Fakultas Dakwah Universitas Ibrahimy Sukorejo menggelar ujian munaqasah tahap 2, tahun akademik 2018-2019 karena tahap 1 telah dilaksanakan beberapa saat yang lalu. Ujian Munaqasah ini diikuti oleh 28 peserta, terdiri dari 10 orang mahasiswi, dan 18 orang mahasiswa. pada hari pertama 10 orang mahasiswi, hari kedua 9 orang mahasiswa, dan hari ketiga 9 orang mahasiswa juga. Tentunya yang telah memenuhi beberapa persyaratan, baik persyaratan kepesantrenan maupun akademik.

Persyaratan kepesantrenan meliputi beberapa hal, pertama peserta mendapatkan kartu aktif berasrama, peserta mendapatkan kartu aktif madrasah. Sedangkan persyaratan akademik juga meliputi beberapa hal, pertama berkas skripsi peserta telah mendapatkan persetujuan dari pembimbing, kedua peserta telah mengikuti semua mata kuliah, bebas perkuliahan. Persyaratan yang terakhir peserta membawa bukti pelunasan pembiayaan munaqasah, tentunya yang dikeluarkan oleh bendahara ponpes sukorejo.

BhasaFM
Ujian Munaqasah Tahap 2 (foto: Reporter Dakwah)

Ujian Munaqasah tahap dua ini dilaksanakan selama tiga hari, hari sabtu, ahad, dan senin. pada hari pertama, hari sabtu pesertanya mahasiswi, dilaksanakan di kampus FD putri, menjadi dua meja di dua ruang. pertama ruang micro counseling prodi BPI putri, di lantai 1, kedua ruang kuliah lantai 2. Hari kedua dan ketiga, hari ahad dan senin, pesertanya mahasiswa dilaksanakan di kampus FD putra, dilaksanakan di ruang micro counseling prodi BPI putra, di lantai 1, kemudian di ruang kuliah lantai 2, baik hari ahad maupun senin, sama-sama menggunakan dua ruang.

BACA JUGA :  Dandim 0824 Jember Silaturrahim Pada KH.Afifuddin Muhajir

Tim Penguji untuk sidang munaqasah 2 ini ada enam pasang penguji, ada penguji 1 dan penguji 2. Penguji meja pertama Drs. Moh. Isfironi, M.HI., Abdul Mughni, M.Pd.I.. Penguji meja kedua Mohamat Hadori, S.Ag., MA., Saifullah, S.Ag., MA.. Penguji meja ketiga Mohamat Hadori, S.Ag., MA., Saifullah, S.Ag., MA.. Penguji meja keempat Drs. Moh. Isfironi, M.HI., Wisri, M.Pd.I., M. Sos.. Penguji meja kelima Wisri, M.Pd.I., M. Sos., Syamsul A. Hasan, S.Ag., M.Pd.. Penguji meja keenam Drs. Moh. Isfironi, M.HI., Mohamat Hadori, S.Ag., MA..

Ketua panitia munaqasah fakultas dakwah, yohandi, M. Pd.I., M. Sos. yang juga wakil dekan fakultas dakwah itu menuturkan ujian ini adalah menguji kepekaan mahasiswa. melihat, menyaksikan fakta-fakta di lapangan terkait dengan masalah yang diteliti. Kemudian mereka menghadirkan dalam bentuk skripsi, laporan hasil penelitian di hadapan tim penguji, dalam sidang munaqasah. hal ini sebagai bentuk tanggung jawab akademik mereka. civitas akademik fakultas dakwah berharap mereka belajar, mengetahui situasi, kondisi sebenarnya yang pada saatnya mereka akan menjadi bagian dari masalah itu sendiri, tim penguji yakin mereka bisa mempertanggungjawabkannya.