Jum’at Bersih Bersama Kasubag Kebersihan

0
BhasaFM
Anggota Kebersihan sedang membersihkan halaman Kantor Pusat Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo cukup dikenal dengan kebersihannya. Tiap kamar sudah terjadwal santri yang punya kewajiban membersihkan kamar baik di dalam kamar maupun di luar kamar, termasuk merapikan kamar, mulai peletakan kitab, buku hingga tempat baju yang di luar almari. Tiap kelas baik pagi maupun sore ada jadwal piket bagi siswa yang bertugas dengan tempatnya bertugas.

Kasubag kebersihan bersama anggotanya mengontrol, mencatat tingkat kebersihan yang sudah ditunaikan, baik oleh santri maupun siswa sesuai tugasnya. Tingkat kebersihan maupun keterlambatan dalam menunaikan tugas akan menjadi catatan sekaligus bahan memanggil santri, siswa yang lalai ke kantor kebersihan untuk bertanggungjawab dengan sanksi.

BhasaFM
Kasubag Kebersihan Ustadz Ahmad Kuryadi sedang mendampingi anggotanya membersihkan halaman Kantor Pusat Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo (foto: Reporter Dakwah)

Khusus pada hari jum’at, ada jargon jum’at bersih. Hari Jum’at adalah hari libur santri Ponpes Sukorejo, sehingga proses untuk meningkatkan kualitas kebersihan harus lebih maksimal. Kasubag kebersihan bersama anggotanya bukan hanya sekedar mengontrol tetapi juga punya aktivitas rutin membersihkan halaman kantor pusat Ponpes Sukorejo.

Kasubag kebersihan Ustadz Ahmad Kuryadi menuturkan, bahwa ia harus memberikan teladan kepada para santri, yaitu cara membersihkan halaman yang tepat sehingga menumbuhkan unsur kebersihan sekaligus keindahan. Kebersihan saja tidak cukup tanpa didukung oleh keindahan. jika sudah indah, berarti sudah ada unsur bersih bersamanya.