Jum’at Bersih di Masjid Jamik Ibrahimy Ponpes Sukorejo

0
BhasaFM
Ustadz H. Moh. Rojil Ghufron sedang membersihkan makam Pendiri dan Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- Setiap hari Jum’at di Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo ada sebuah ungkapan untuk memberi motivasi pada santri yaitu Jum’at bersih. Meskipun menjaga kebersihan di ponpes ini merupakan kewajiban setiap hari bagi setiap santri terutama yang terjadwal piket menyapu, baik di kamar, madrasah maupun sekolah umum.

Begitu juga dengan Masjid Jamik Ibrahimy Ponpes Sukorejo, takmir masjid ini juga melaksanakan kebersihan rutin di komplek Masjid Jamik Ibrahimy, hari Selasa pagi, dan hari Jum’at pagi. Kompleks masjid disini maksudnya, lantai masjid luar dalam, jeding wudhu, toilet. Selain komplek masjid, membersihkan juga komplek makam pendiri, pengasuh ponpes salafiyah syafi’iyah sukorejo.

BhasaFM
Santri yang bertugas di Masjid Jamik Ibrahimy Ponpes Sukorejo sedang membersihkan jeding wudhu setiap hari Selasa dan Jum’at (foto: Reporter Dakwah)

Pengurus takmir masjid Jamik Ibrahimy Sukorejo, haji Mohammad Rojil Ghufron menuturkan, bahwa almarhum almaghfurlah pendiri, pengasuh ponpes sukorejo, Kyai Haji Raden Syamsul Arifin, dan Kyai Haji Raden As’ad Syamsul Arifin, sangat senang dengan kebersihan. Ia menambahkan bahwa pesan para ustadz yang sepuh, in syaa Alloh banyak berkahnya bagi santri yang senang menjaga kebersihan, karena itu kesenangan para pendiri, pengasuh Ponpes Sukorejo.