Kegiatan Istighotsah Malam Jum’at Manis, Ponpes Sukorejo

0
BhasaFM
Suasana Jumat Manis Sukorejo (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo selalu menggelar acara istighosah, do’a bersama pada setiap bulannya, yaitu hari Kamis malam Jum’at legi, di Masjid Jamik Ibrahimy. kegiatan ini dipimpin langsung oleh pengasuh ponpes sukorejo, Kyai Haji Raden Achmad Azaim Ibrahimy, akrab dipanggil Kyai Azaim. Sebagaimana majelis pada Kamis 17 Oktober 2019, jam 19.30 sampai 22.00 malam.

BhasaFM
Pengajian Rutin Malam Jumat Manis, Pondok Pesantren Sukorejo (foto: Reporter Dakwah)

Kegiatan istighosah yang melibatkan seluruh santri putra ponpes sukorejo ini selalu semarak, karena juga dihadiri para alumni, wali santri, simpatisan se karesidenan Besuki, Situbondo, Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso. Semarak disini bukan hanya di komplek Masjid Jamik Ibrahimy saja, tetapi juga terlihat di sepanjang jalan, mulai jalan raya sekitar SPBU Sukorejo sampai disekitar Ponpes Sukorejo. Nampak juga di kanan kiri jalan masuk ke ponpes, pedagang kaki lima menjajakan daganganya  mengharap berkah istightsah malam Jum’at manis.

Kyai Azaim dalam tausiyahnya menuturkan, bahwa santri harus selalu berusaha meningkatkan taqwa, mengokohkan aqidah yang benar, aqidah ahlussunnah wal jama’ah. Beliau juga menambahkan tentang keutamaan, serta peristiwa yang ada di bulan shaffar. Pada bulan ini ada Rabu wekasan, yaitu dianggap sebagai hari dimana Alloh SWT menurunkan beribu balak, bencana, dan penyakit. Kemudian ada tradisi bubur, tajin shaffar untuk disedekahkan, shodaqoh untuk menolak, mencegah balak.

BhasaFM
Habib Idrus bin Muhammad Assegaf Banyuwangi (foto; Reporter Dakwah)

Kegiatan ini juga dihadiri Habib Idrus Bin Muhammad Assegaf, dari Banyuwangi. Beliau berkenan memberikan tausiyah, bahwa menghadiri majelis ilmu, majelis dzikir, merupakan bukti kecintaan kita terhadap sang maha cinta yaitu baginda Rasululloh SAW.

Kyai Hajji Muzakki Ridlwan juga berkesempatan hadir pada majelis ini. Beliau berkenan memimpin pembacaan istighotsah, surat yaasiin, dan tahlil.

BhasaFM
Kyai Muzakki Ridlwan Pimpin Istighotsah dan Tahlil (foto: Reporter Dakwah)

Majelis ini ditutup dengan do’a bersama, kemudian para tamu, baik wali santri, alumni, berkesempatan untuk mushofahah, bersalaman dengan pengasuh.