Keluarga Besar Ponpes Sukorejo Kenbali Berduka

0

Situbondo- Ponpes Sukorejo kembali berduka dengan wafatnya beberapa masyayihnya. Setahun yang lalu keluarga besar ponpes sukorejo telah kehilangan wakil pengasuh bidang maaliyah sekaligus mudzir ma’hadul aly, Kyai Haji Achmad Hariri Abdul Adhim. Berikutnya air mata yang belum kering harus mengalir kembali dengan wafatnya  pemangku asrama al-iflah, Kyai Abdul Wasik. Duka kembali menyelimuti ponpes sukorejo, pada hari Sabtu 30 Desember 2019 pukul 21.30, telah berangkat menghadap Alloh SWT, wakil pengasuh bidang amaliyah, sekaligus pemangku asrama ma’hadul qur’an, Kyai Haji Muzakki Ridlwan.

Kyai Haji Muzakki Ridlwan mengeluh sakit mulai hari Sabtu 30 Desember 2019 pukul 02.00 dini hari. Subuh baru minta dipanggilkan dokter. Dokter Juni datang pukul 05.30 untuk memeriksa kesehatan beliau. Saran dokter Juni, Kyai Muzakki Ridlwan harus segera mungkin opname di rumah sakit, agar penanganan terhadap penyakit yang diderita lebih maksimal. Akhirnya Kyai Muzakki berangkat ke rumah sakit Mitra Sehat Situbondo pada pukul 06.30. Sebenarnya pada waktu dhuhur beliau nampak sehat dan berniat untuk pulang ke Sukorejo. Namun dokter di rumah sakit Mitra Sehat menyarankan untuk menginap dulu sampai kesehatan maksimal. Sore hari menjelang sholat maghrib, beliau mulai kambuh sakit perutnya bahkan sampai tingkatan kritis. Akhirnya pukul 21.30 pada hari yang sama, Kyai Haji Muzakki Ridlwan pergi untuk menghadap Alloh SWT.

BACA JUGA :  Seminar Manhaj Ad Dakwah
BhasaFM
Ucapan turut berduka cita dari Gubernur dan Wagub Jawa Timur, Bupati dan Wabup Situbondo dan beberapa instansi di wilayah Kabupaten Situbondo (foto: Reporter Dakwah)

Kyai Haji Muzakki Ridlwan  dikenal sebagai tokoh yang selalu ceria, meskipun sakit beliau tidak pernah lepas dari senyum, menampakkan kebahagiaan pada para tamu. Banyak wali santri, alumni, simpatisan yang awalnya takut pada beliau, menjadi kangen, rindu dengan canda tawa bersama beliau. Kini beliau telah tiada dengan meninggalkan berjuta kenangan indah pada keluarga besar ponpes Sukorejo, santri, alumni, wali santri, dan simpatisan. Semoga Alloh SWT berkenan mengampuni segala dosa, menerima segala amal baik, Kyai Haji Muzakki Ridlwan masuk dalam anugerah husnul khotimah, Aamiin.

BhasaFM
Ucapan ikut berduka cita dari beberapa tokoh PPP Kabupaten Situbondo dan Jawa Timur (foto: Reporter Dakwah)